BPKP Paparkan Hasil Audit Kinerja Aksesibilitas & Mutu Pelayanan Kesehatan

Jakarta (6/1) - Bertempat di  Ruang Rapat Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan RI, dilaksanakan pemaparan pelaksanaan tugas Audit Kinerja Aksesibilitas dan Mutu Pelayanan Kesehatan di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK) Tahun 2014 yang telah mencapai tahap finalisasi laporan.  

Turut hadir dalam paparan tersebut dari BPKP Deputi Bidang PIP Bidang Polhukam PMK Binsar H. Simanjuntak, Direktur PLP Bidang Hankam Bea Rejeki Tirtadewi, dan Kasubdit PLP Bidang Hankam I Viktor H. Siburian. Sedangkan dari Kemnkes hadir Inspektur Jenderal Kemenkes RI Perwadi dan para Inspektur Kemenkes.

Pemaparan atas Hasil Audit Kinerja Aksesibilitas dan Mutu Pelayanan Kesehatan di DTPK Tahun 2014 kepada Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan dalam perannya sebagai APIP Kementerian Kesehatan RI adalah terkait dengan finalisasi laporan hasil audit tersebut.

Skor capaian menurut Indikator Kinerja Utama (IKU) memperlihatkan bahwa secara nasional, kinerja peningkatan Aksesibilitas dan Mutu Pelayanan Kesehatan di DTPK sebesar 65,8043 atau masuk dalam kategori cukup berhasil. Namun demikian, masih terdapat beberapa daerah yang tidak berhasil. Atas Hasil Audit tersebut, Itjen Kemenkes RI menyatakan setuju dan akan melakukan pemantauan atas tindak lanjut temuan audit.

Selain membahas Audit Kinerja Aksesibilitas dan Mutu Pelayanan Kesehatan di DTPK Tahun 2014, pertemuan juga membahas terkait Hasil Audit PNBP Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tahun 2013 dan 2014. Pada prinsipnya, Itjen Kemenkes RI setuju dengan hasil audit dan akan direncanakan pertemuan antara Kepala BPKP dan Menteri Kesehatan. Pertemuan antara Deputi Kepala BPKP Bidang PIP Bidang Polhukam PMK dan Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan RI juga membahas mengenai Rencana Kerja BPKP Tahun 2016 yang akan dilaksanakan di Kemenkes RI.

(albar/mp) /BO