Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

LPDP Siapkan Pemimpin Masa Depan
30 Juli 2015 14:59:21 / wawone / dibaca: 8912 kali / Kat: Sosialisasi

Sebagai salah satu bentuk komitmen  dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Kementerian Keuangan  menyelenggarakan Forum Bakohumas dengan tema: Kontribusi Kementerian Keuangan dalam Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan Indonesia  Melalui LPDP (30/7). yang bertempat di Aula Juanda , Gedung Juanda I Lantai Mezzanine, Kementerian Keuangan.

Dalam acara yang dihadiri oleh penggiat kehumasan di lingkungan Kementerian/Lembaga serta media ini, disampaikan bahwa misi yang diusung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah: 1) untuk mendorong riset strategis dan/atau inovatif yang implementatif dan menciptakan nilai tambah yang dilakukan melalui pendanaan riset; 2) menjamin keberlangsungan pendanaan pendidikan bagi generasi berikutnya melalui pengelolaan dana abadi pendidikan yang optimal; dan 3) sebagai cadangan terakhir mendukung rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak akibat bencana alam melalui pengelolaan dana cadangan pendidikan. “LPDP merupakan salah satu wujud perhatian  Kementerian Keuangan pada pendidikan masyarakat Indonesia untuk menciptakan generasi pemimpin masa depan yang cerdas, kompeten dan berprestasi di dunia,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, N.E. Fatima dalam sambutannya.

Menteri Keuangan Republik Indonesia Bambang Brodjonegoro dalam sambutannya  di hadapan peserta forum Bakohumas menyampaikan bahwa LPDP memiliki peran penting  dalam menyediakan akses pendidikan bagi para generasi emas Indonesia (2045). Melalui program yang dilakukan oleh LPDP, harapannya adalah terciptanya peningkatan rasio  penduduk yang memiliki jenjang pendidikan strata 2 (S2). Untuk saat ini, hanya terdapat 2.300 orang yang memiliki jenjang pendidikan S2 dalam setiap satu juta penduduk Indonesia. Pada tahun 2025, diharapkan mengalami peningkatan menjadi 16.000 orang untuk jenjang pendidikan S2. “SDM yang berkualitas adalah faktor kunci untuk meningkatkan  perekonomian,” ujar Menteri Keuangan mengakhiri  sambutannya.

Dalam acara yang berlangsung selama empat jam ini juga turut dijelaskan mengenai profil LPDP, struktur organisasi, program layanan, prinsip pengelolaan dana, portofolio dan pedoman investasi, hingga persyaratan dalam mengajukan program beasiswa. Sebagai salah satu Badan Layanan Umum yang bergerak di bawah Kementerian Keuangan, LPDP memiliki empat layanan, yaitu beasiswa, pendanaan riset, rehabilitasi fasilitas pendidikan, dan dana operasional. Meski secara struktur berada di bawah Kementerian Keuangan, namun dalam proses manajemennya LPDP tetap harus memperhatikan arahan dan kebijakan dari tiga Kementerian lainnya, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Kementerian Riset ,Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Begitupun dengan proses pengawasan atas pengelolaan dananya, tidak hanya Kementerian Keuangan, tiga Kementerian lainnya juga turut mengawasi. “Sebagai salah satu lembaga yang mengelola dana yang berasal dari APBN, maka sudah seharusnya masyarakat juga turut berperan dalam mengawasi pengelolaan dananya,” ujar Eko Prasetyo selaku Direktur Utama LPDP.

(NS/rinda/dan)/ BO



Share      

Berita Terkait:

24 Nopember 2017 16:56:08 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Tingkatkan Pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Kolaborasi dan Inovasi
23 Nopember 2017 18:36:26 / tri_sutrisno / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Imunitas Masyarkat Kunci Pemberatasan Narkoba
21 Nopember 2017 15:31:20 / kaltara1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Mengenal Lebih Dalam Program Taspen pada Aparatur Sipil Negara
16 Nopember 2017 13:41:46 / bali1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Semua Desa Di Provinsi Bali Sudah Terapkan Siskeudes
14 Nopember 2017 15:42:27 / suryo / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Hati-Hati Terhadap Upaya Penipuan dengan Mengatasnamakan BPKP