Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Instansi Pemerintah harus Sesuaikan Diri di Era Teknlogi Informasi
10 Juli 2015 02:56:55 / harry_humas / dibaca: 4473 kali / Kat: Sosialisasi

Sesi kedua Forum Bakohumas BPKP Tahun 2015 di Aula Gandhi Lt.2 Gedung Kantor BPKP Pusat Jl. Pramuka no.33 Jakarta (8/7) diisi dengan diskusi panel dengan tema “Peningkatan Kapabilitas APIP dalam Mengawal Akuntabilitas Pembangunan Nasional untuk Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat”. Diskusi mengundang narasumber Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Henry Subiakto, Direktur Pengawasan PKD Wilayah II BPKP Ernadhi Sudarmanto, dan Tim Komunikasi Presiden Andoko Darta. Moderator diskusi adalah Kepala Biro Hukum dan Humas BPKP Triyono Haryanto.

Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Henry Subiakto dalam paparannya bertajuk “Government Public Relations di Era Digital”, menjelaskan tujuan Government Public Relations GPR adalah menyampaikan informasi lengkap tentang kebijakan pemerintah, menangkap berbagai isu yang berkembang di publik dan memberikan respon secara tepat, melakukan koordinasi komunikasi agar semua komponen pemerintah memiliki informasi yang cukup, dan membantu media dan publik memperoleh informasi yang benar dan lengkap.

Direktur Pengawasan PKD Wilayah II BPKP Ernadhi Sudarmanto mengatakan solusi bagi peningkatan kapabilitas APIP melalui penyusunan grand design peningkatan kapabilitas apip yang sudah mulai dijalankan. Dengan menjalankan grand design itu diharapkan target 85% APIP naik ke level 3 IACM dalam waktu 5 tahun ke depan dapat tercapai. BPKP berperan dalam menyiapkan pedoman-pedoman yang dibutuhkan.

Tim Komunikasi Presiden Andoko Darta dalam paparannya bertajuk “Optimalisasi Media Sosial untuk Komunikasi Publik” menjelaskan terdapat beberapa tantangan dihadapi oleh instansi pemerintah dalam era digital sekarang ini. Tantangan itu adalah instansi pemerintah harus menyesuaikan diri di era teknologi informasi, membuka informasi kepada publik, pencapaian kinerja K/L yang belum diketahui publik, opini di medsos yang terdistorsi, dan persepsi kinerja pemerintah yang rendah. Tantangan-tantangan itu harus dijawab melalui medsos dengan alur kerja yang baik dan mengoptimalikan pesan.

Sestama BPKP Meidyah Indreswari pada saat menutup Forum Bakohumas mengatakan media masa dan sosial merupakan pilar governance. Apabila media masa dan sosial tidak dikelola maka institusi tersebut bisa tertinggal jauh. Hal ini harus dipikirkan di zaman globalisasi sekarang, dan merupakan tantangan yang harus dijawab dengan sebaik-baiknya.

(HJK) /bo



Share      

Berita Terkait:

24 Nopember 2017 16:56:08 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Tingkatkan Pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Kolaborasi dan Inovasi
23 Nopember 2017 18:36:26 / tri_sutrisno / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Imunitas Masyarkat Kunci Pemberatasan Narkoba
21 Nopember 2017 15:31:20 / kaltara1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Mengenal Lebih Dalam Program Taspen pada Aparatur Sipil Negara
16 Nopember 2017 13:41:46 / bali1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Semua Desa Di Provinsi Bali Sudah Terapkan Siskeudes
14 Nopember 2017 15:42:27 / suryo / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Hati-Hati Terhadap Upaya Penipuan dengan Mengatasnamakan BPKP