Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Instansi Pemerintah harus Sesuaikan Diri di Era Teknlogi Informasi
10 Juli 2015 02:56:55 / harry_humas / dibaca: 3574 kali / Kat: Sosialisasi

Sesi kedua Forum Bakohumas BPKP Tahun 2015 di Aula Gandhi Lt.2 Gedung Kantor BPKP Pusat Jl. Pramuka no.33 Jakarta (8/7) diisi dengan diskusi panel dengan tema “Peningkatan Kapabilitas APIP dalam Mengawal Akuntabilitas Pembangunan Nasional untuk Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat”. Diskusi mengundang narasumber Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Henry Subiakto, Direktur Pengawasan PKD Wilayah II BPKP Ernadhi Sudarmanto, dan Tim Komunikasi Presiden Andoko Darta. Moderator diskusi adalah Kepala Biro Hukum dan Humas BPKP Triyono Haryanto.

Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa Henry Subiakto dalam paparannya bertajuk “Government Public Relations di Era Digital”, menjelaskan tujuan Government Public Relations GPR adalah menyampaikan informasi lengkap tentang kebijakan pemerintah, menangkap berbagai isu yang berkembang di publik dan memberikan respon secara tepat, melakukan koordinasi komunikasi agar semua komponen pemerintah memiliki informasi yang cukup, dan membantu media dan publik memperoleh informasi yang benar dan lengkap.

Direktur Pengawasan PKD Wilayah II BPKP Ernadhi Sudarmanto mengatakan solusi bagi peningkatan kapabilitas APIP melalui penyusunan grand design peningkatan kapabilitas apip yang sudah mulai dijalankan. Dengan menjalankan grand design itu diharapkan target 85% APIP naik ke level 3 IACM dalam waktu 5 tahun ke depan dapat tercapai. BPKP berperan dalam menyiapkan pedoman-pedoman yang dibutuhkan.

Tim Komunikasi Presiden Andoko Darta dalam paparannya bertajuk “Optimalisasi Media Sosial untuk Komunikasi Publik” menjelaskan terdapat beberapa tantangan dihadapi oleh instansi pemerintah dalam era digital sekarang ini. Tantangan itu adalah instansi pemerintah harus menyesuaikan diri di era teknologi informasi, membuka informasi kepada publik, pencapaian kinerja K/L yang belum diketahui publik, opini di medsos yang terdistorsi, dan persepsi kinerja pemerintah yang rendah. Tantangan-tantangan itu harus dijawab melalui medsos dengan alur kerja yang baik dan mengoptimalikan pesan.

Sestama BPKP Meidyah Indreswari pada saat menutup Forum Bakohumas mengatakan media masa dan sosial merupakan pilar governance. Apabila media masa dan sosial tidak dikelola maka institusi tersebut bisa tertinggal jauh. Hal ini harus dipikirkan di zaman globalisasi sekarang, dan merupakan tantangan yang harus dijawab dengan sebaik-baiknya.

(HJK) /bo



Share      

Berita Terkait:

24 Maret 2017 11:29:03 / papuabarat1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Efektivitas Pembinaan BPKP Dalam Peningkatan Kapabilitas APIP
09 Maret 2017 19:56:07 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
UPT Dinas Kesehatan Kab. Kebumen Siap Ber-SIA BLUD
07 Maret 2017 19:43:13 / sakd1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Penerapan E-Planning Salah Satu Sarana Pencegahan Korupsi
04 Maret 2017 20:57:08 / adisasongko / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Perubahan Proses Bisnis BPKP melalui SIMA
27 Pebruari 2017 17:34:22 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Siap Menuju WBK