PDAM Bandarmasih Apresiasi Dukungan BPKP

“Atas nama PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan atas kerja sama yang telah dibangun dengan BPKP dalam mendukung peningkatan kinerja PDAM Bandarmasih dan  menyelesaikan permasalahan yang dihadapi perusahaan”, demikian yang dinyatakan  Direktur Utama PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin Muslih mengawali pembahasan hasil evaluasi  kinerja tahun buku 2014.(30/6)

 

Pembahasan dilaksanakan di ruang rapat direksi PDAM Bandarmasih. Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Direktur Utama PDAM Bandarmasih Muslih yang didampingi oleh seluruh jajaran Direksi dan para Senior Manager serta Kepala Komisi Kepatuhan Internal PDAM Bandarmasih. Sedangkan Tim BPKP langsung dipimpin oleh Kepala Perwakilan Edy Karim didampingi oleh Kepala Bidang Akuntan Negara Saryanto beserta seluruh  tim evaluasi kinerja.

Mengawali paparan hasil evaluasi, Kepala Perwakilan menyatakan bahwa seluruh kegiatan evaluasi dan pendampingan yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan bertujuan untuk peningkatan kinerja perusahaan, dan bukan semata-mata mencari kekurangan dan kelemahan perusahaan melainkan meyakinkan bahwa sungguh-sungguh ada atau tidak ada permasalahan. Jikalau dijumpai beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, maka perusahaan harus melakukan langkah perbaikan yang dapat dimulai secara bertahap. Hal ini memerlukan rencana aksi (Renaksi) penanganan permasalahan dan pemenuhan seluruh aspek, baik administrasi, operasi dan keuangan. Sehingga pendampingan BPKP tidak terkesan tambal sulam, namun lebih terstruktur dan sistematis, dapat diukur progress kemajuannya.

Lebih lanjut Edy Karim menyampaikan bahwa terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan perusahaan yaitu; internal control, risk management, dan good governance. Jika ketiganya kuat maka  proses manajemen diharapkan akan berhasil baik dan mampu mendukung peningkatan kinerja. PDAM dapat secara mandiri melakukan evaluasi kinerja secara berkala sehingga dapat melakukan perbaikan atas aspek yang memerlukan penanganan secara lebih dini.

Secara teknis hasil evaluasi disampaikan oleh Kepala Bidang Akuntan Negara. PDAM Bandarmasih mengalami peningkatan capaian nilai kinerja tahun 2014 dibandingkan tahun 2013, berdasarkan Kepmendagri 47/1999, dan mendapatkan predikat  baik.   Hal-hal yang menyebabkan kenaikan capaian angka kinerja adalah aspek keuangan. Sedangkan derajat kesehatan perusahaan, berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh BPPSPAM, adalah sehat.

Berkaitan dengan hasil evaluasi kinerja Muslih menyatakan dapat menerima hasil evaluasi kinerja dan segala hal yang perlu mendapatkan perhatian perusahaan akan dilakukan tindak lanjutnya. Lebih lanjut Muslih berharap BPKP dapat terus bekerja sama dengan PDAM Bandarmasih, khususnya dalam meningkatkan tata kelola perusahaan melalui implementasi Good Corporate Governance dan Manajemen Risiko.

(sary)/ BO