Masyarakat Senang Menggunakan Air Dari Program PAMSIMAS

Kami lebih senang menggunakan air dari saluran penampungan yang dibuat Program PAMSIMAS dari pada menggunakan air sungai” demikian diungkap Ibu Saripah warga Desa Rambangan saat kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Kalsel ke Desa Tambangan Kecamatan Daha Kab. Hulu Sungai Selatan.

Kepala Perwakilan didampingi Tim audit  melaksananakan kunjungan ke Desa Tambangan Kecamatan Daha Kab. Hulu Sungai Selatan. Dalam kunjungan tersebut Kepala Perwakilan disambut oleh Badan Pengelola Sistem Penyediaan air Minum (BP SPAM) dan beberapa warga. Kepala Perwakilan dalam pengarahannya bahwa Program PAMSIMAS ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan penyediaan akses air minum dan sanitasi khususnya wilayah perdesaan dan daerah pinggiran perkotaan yang pelaksanaannya berbasis pemberdayaan masyarakat. Pemerintah sangat giat dalam melaksanakan kegiatan ini dengan target peningkatan yang cukup signifikan untuk akses air minum dan sanitasi yang layak dan secara bertahap telah meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mungkin masih banyak desa yang belum terjangkau oleh karena itu proses pemilihan desa sasaran dalam program PAMSIMAS perlu dilaksanakan secara terbuka dengan melibatkan unsur masyarakat maupun asosiasi pemerhati lingkungan dan kesehatan.

Selanjutnya Edy Karim meninjau langsung pembangunan fisik program tersebut dan langsung mewawancarai masyarakat mengenai hasil program, manfaat dan keberlangsungan Sarana Akses Air dan Sanitasi.

Dari hasil wawancara tersebut diperoleh kesimpulan bahwa program ini sangat diharapkan oleh masyarakat sekitar. Hal ini terungkap dari pernyataan seorang warga menyatakan bahwa lebih senang menggunakan air dari saluran bak penampung program PAMSIMAS daripada selama ini mengambil air dari sungai. Antusiasme masyarakat juga tergambar dari partisipasi masyarakat dalam menghibahkan tanahnya untuk menjadi lokasi pembangunan fisik sarana air bersih dan mengajak secara bersama-sama menguras atau membersihkan saluran yang sudah selesai dibangun sejak tahun 2014 tersebut secara berkala. Karena saat peninjauan kondisi air agak keruh kekuning-kuningan

Masukan lain yang disampaikan langsung kepada Kepala Perwakilan adalah pada sebagian masyarakat menyampaikan bahwa saluran air minum sudah terpasang di rumah mereka namun airnya belum bisa mengalir dan masyarakat juga belum mengetahui apa yang menjadi kewajiban mereka dalam hal pemeliharaannya, dikutip dari informasi salah satu warga.

Edy Karim menyampaikan agar segera melakukan musyawarah untuk menetapkan iuran setiap bulannya dan dilakukan sosialisasi agar masyarakat mengerti dan tidak ragu dalam mendukung keberhasilan atau memanfaatkan dan memelihara program ini secara maksimal.

Hal lain yang disampaikan Kepala Perwakilan bahwa adanya kewajiban daerah dalam mempercepat jangkauan program PAMSIMAS terkait dengan penyediaan dana untuk program replikasi yaitu menambah pembangunan sarana yang sama pada desa lainnya yang jumlahnya tergantung kondisi fiskal daerah.

Pada akhirnya masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perwakilan dan Tim atas kunjungannya, dan dengan kehadiran tim BPKP kami dapat mengetahui lebih jelas tentang program ini dan dapat melakukan hal apa yang menjadi kewajiban mereka demi kelancaran dan kelangsungan manfaatnya (IPP Kalsel.nova) / BO