Gubernur Sumsel Minta BPKP Kawal Program Strategis Daerahnya

Bertempat di Griya Agung Palembang (20/02), Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin sangat mengharap peran BPKP untuk mengawal program strategis sehingga dapat menjamin akuntabiltas dalam pelaksanaannya.

 

Sebagai pusat pertumbuhan di kawasan Provinsi Sumatera Selatan, Alex Noerdin menyiapkan agenda strategis seperti pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-api, pelabuhan internasional Tanjung Carat, dan tuan rumah Asian Games 2018. Permintaan tersebut disampaikan saat menerima kunjungan IGB Surya Negara Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka penyampaian Laporan Hasil Pengawasan atas Kualitas Akuntabilitas Keuangan Negara/Daerah pada Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2014. Acara dihadiri pula oleh Asisten II Bidang Pemerintahan, Kepala BPKAD dan Inspektur Provinsi.

Dalam kesempatan ini IGB Surya Negara sekaligus menyampaikan kepada gubernur adanya penguatan peran BPKP dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 192 Tahun 2014 tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan serta Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2014 tentang peningkatan kualitas sistem pengendalian intern dan keandalan penyelenggaraan fungsi pengawasan intern dalam rangka mewujudkan keaejahteraan rakyat.

Selanjutnya, IGB Surya Negara melaporkan kepada gubernur selaku wakil pemerintah pusat di Provinsi Sumatera Selatan tentang permasalahan di tingkat pelaksana kegiatan yang memerlukan koordinasi di tingkat pimpinan dengan segera seperti masalah penanganan pengaduan masyarakat oleh Aparat Penegak Hukum (APH).

Terhadap hal ini telah disepakati untuk diadakan rapat koordinasi dan sosialisasi tentang pelaksanaan Pasal 385 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

(Humas BPKP Sumsel)AM/AA n (x..)