Walikota Pekanbaru Resmikan PPK BLUD Puskesmas

Bertempat di Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo Pekanbaru (27/01), Walikota Pekanbaru Ir. Firdaus M.T meresmikan penerapan PPK BLUD bagi seluruh Puskesmas di Kota Pekanbaru. Di hadapan anggota DPRD Kota Pekanbaru, Kapolres Kota Pekanbaru, Perwakilan Ombudsman dan BPJS Riau, Ikatan Dokter Indonesia, dan para camat serta lurah, walikota menyampaikan apresiasinya kepada BPKP Riau yang telah mengasistensi seluruh Puskesmas di Kota Pekanbaru agar dapat mempersiapkan persyaratan yang diperlukan. Beliau juga berharap agar BPKP tetap dapat membantu mengawal akuntabilitas Puskesmas agar terhindar dari permasalahan dan dapat berkinerja yang baik.

 

Acara dibuka dengan sambutan sekaligus laporan dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Drg.Hj.Helda Suryani Munir,M.Kesselaku pembina dari Puskesmas, yang menguraikan kronologis proses pembentukan PPK BLUD bagi Puskesmas yang telah dimulai sejak tahun 2012.

Dalam sambutannya, walikota mendorong agar seluruh masyarakat Kota Pekanbaru mulai membudayakan diri hidup bersih dan sehat agar tercipta lingkungan yang sehat, dimulai dari diri sendiri, RT, RW, Kelurahan, tingkat Kecamatan yang menghasilkan kota Pekanbaru yang sehat.

Selanjutnya, Walikota Pekanbaru mendorong peningkatan layanan kesehatan melalui Puskesmas dan menghendaki agar Puskesmas lebih banyak lagi melakukan aktifitas Promotif agar masyarakat semakin sadar akan perlunya hidup bersih dan sehat. Untuk itu beliau berharap agar dengan PPK BLUD, Puskesmas dapat lebih fleksibel lagi dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat Kota Pekanbaru, serta berharap juga agar seluruh Puskesmas dapat meningkatkan mutu pelayanannya.

Walikota Pekanbaru dalam sambutannya sebelum meresmikan PPK BLUD bagi Puskesmas, menyampaikan terimakasih kepada Perwakilan BPKP Porvinsi Riau yang telah membantu dan membimbing seluruh Puskesmas di Kota Pekanbaru agar dapat mempersiapkan persyaratan yang diperlukan. Beliau juga berharap agar BPKP tetap dapat membantu mengawal akuntabilitas Puskesmas agar terhindar dari permasalahan dan dapat berkinerja yang baik.

Setelah meresmikan PPK BLUD Puskesmas se kota Pekanbaru dengan membuka selubung papan nama Puskesmas PPK BLUD Sidomulyo Rawat Inap, Walikota bersama dengan seluruh undangan meninjau fasilitas Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap.

(Humas BPKP Riau) n (x..)