Gubernur Sumsel Apresiasi Kompetensi Auditor BPKP

Saat Rapat Penyampaian Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2016 yan g diselenggarakan di Griya Agung Kantor Gubernur sumsel, Palembang (14/01), Gubernur Sumsel Alex Noerdin memberikan apresiasi khususnya kepada auditor BPKP terkait penyelenggaraan Asian Games dan pembangunan strategis lainnya.

 

Acara yang dihadiri oleh  Wakil Gubernur, Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, anggota Forkompimda, Kepala SKPD, dan kepala instansi vertikal itu membahas kebijakan pembangunan Provinsi Sumatera Selatan tahun 2016 yang berpijak pada arah pembangunan pemerintah pusat sebagaimana tertuang dalam RPJMN tahun 2015-2019. 

Dalam arahannya, Alex Noerdin menyebutkan bahwa pembangunan tahun 2016 yang bertema “Meningkatkan Produktifitas dan Nilai Tambah Potensi Daerah” harus diintegrasikan dengan persiapan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 Tahun 2018. "Acara Asian Games tersebut jangan hanya dilihat dari kinerja penyelenggaraan games-nya saja, namun harus dimaknai sebagai trigger untuk memicu pertumbuhan daerah," ujar Alex. Untuk itu, semua jajaran pemda dan instansi terkait di Sumsel harus memikirkan tidak saja penyiapan venues serta sarana dan prasana penunjangnya namun juga kesiapan SDM-nya. 

Dalam sesi tanya jawab, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan IGB Surya Negara menyampaikan hal-hal yang perlu ditindaklanjuti  sehubungan dengan hasil korsupgah korupsi, khususnya  terkait perencanaan dan penganggaran. Mantan Karo Umum BPKP itu juga menkritisi penyelenggaraan Musrenbang yang selama ini masih terkesan seremonial.

Saat yang sama, IGB Surya Negara menginformasikan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 192 tentang BPKP dan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2014 tentang Peningkatan Kualitas Sistem Pengendalian Intern dan Keandalan Penyelenggaraan Fungsi Pengawasan Intern Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat. Acara yang juga dihadiri para Aparat Penegak Hukum ini, Surya Negara mengusulkan kepada Gubernur untuk membuka dialog terkait Pasal 385 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. "Tujuannya, agar para pengguna anggaran tidak gamang dalam melaksanakan program-program yang telah menjadi tanggung jawabnya," ujarnya.

Kepala BPKP Sumsel kembali menegaskan komitmennya untuk ikut mengawal pembangunan di Provinsi Sumatera Selatan, terutama terkait percepatan pembangunan sehubungan dengan penyelenggaraan Asian Games dan pembangunan strategis lainnya. Menanggapi hal tersebut, Alex Noerdin memberikan apresiasinya sekaligus mengakui kompetensi auditor BPKP. "Namun demikian, kami meminta BPKP membantu untuk memperbaiki mutu auditor kami atau bahkan menabahnya. Mengingat luasnya cakupan kegiatan yang akan dilaksanakan," pungkas Alex.nn

 

(Humas BPKP Sumsel)AM/AA n (x..)