Rapat Kerja Komisi XI DPR-RI di Pemprov Jawa Timur

Dalam masa reses Komisi XI DPR-RI melakukan Rapat Kerja dengan Pemprov Jawa Timur, BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, dan BPS Provinsi Jawa Timur, pada Kamis (11/12) di Ruang Rapat Gubernur Jawa Timur.

Komisi XI DPR-RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan, dan perbankan, melakukan kunjungan di Provinsi Jawa Timur dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi XI, Marwan Cik Asan dan 10 orang anggota Komisi XI, untuk melakukan Rapat Kerja guna membahas perkembangan, kondisi, dan permasalahan yang ada di Provinsi Jawa Timur. Rapat Kerja dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dan dihadiri oleh pimpinan instansi vertikal yang menjadi pasangan kerja Komisi XI, antara lain BPK-RI, BPS, dan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, setelah membuka Rapat Kerja menyampaikan perkembangan dan kondisi perekonomian, keuangan, dan potensi-potensi di Provinsi Jawa Timur. Begitu pun, Kalan BPK-RI Provinsi Jawa Timur, Muzakkir dan wakil dari BPS Provinsi Jawa Timur, juga menyampaikan kondisi dan pelaksanaan tugas di instansi masing-masing.

Kabag Tata Usaha BPKP Jawa Timur, Sutisno yang mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, menjelaskan jawaban tertulis atas pertanyaan dari Komisi XI DPR-RI, terkait dengan kondisi SDM, anggaran, dan pelaksanaan tupoksi BPKP Jawa Timur. Sutisno, yang didampingi para Kepala Bidang BPKP Jawa Timur menjelaskan bahwa BPKP Jawa Timur dalam melaksanakan tupoksinya, saat ini, lebih menekankan fungsi dan peran consulting berupa pembinaan dan pendampingan bagi pemda, BUMN/BUMD, dan instansi vertikal yang ada di Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. “Selain itu, BPKP Jawa Timur juga menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan pihak penyidik, kepolisian dan kejaksaan, dalam menuntaskan kasus-kasus yang berindikasi korupsi,” tambah Sutisno.

Selanjutnya Wakil Ketua Komisi XI, Marwan Cik Asan memberi kesempatan kepada para Anggota Komisi XI untuk bertanya kepada Pemprov Jawa Timur dan pasangan kerja yang hadir pada Rapat Kerja, seputar kondisi terkini yang sedang dihadapi. Dan sebaliknya, Pemprov Jawa Timur dan pasangan kerja Komisi XI DPR-RI yang hadir, juga menyampaikan saran dan aspirasi dari instansi masing-masing.