Kepala BPKP Kalsel Pantau Program PPIP di Kab. Hulu Sungai Tengah

Barabai (15/11), Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, Edy Karim, mengadakan monitoring Tim Audit Interim Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan  (PPIP) di Desa Ilung Pasar Lama, Kecamatan Batang Alai Utara,Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

 

 

Kunjungan kepala perwakilan yang didampingi oleh Kabid IPP, Beligan Sembiring, bersama  Tim Audit PPIP kali ini diterima oleh Organisasi Masyarakat (OMS) dan didampingi oleh fasilitator masyarakat. Dalam  pertemuan  tersebut   Edy Karim menyampaikan bahwa PPIP ini adalah program pembangunan yang bersifat pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan. Oleh karena itu, berhasil tidaknya sangat ditentukan oleh masyarakat, dalam hal ini organisasi masyarakat yang merupakan perwakilan dari seluruh masyarakat desa penerima.

Dana yang disalurkan harus dipergunakan sesuai dengan tujuannya yaitu pembangunan infrastruktur pedesaan seperti  jalan usaha tani dan infrastruktur lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat. "Sebagai wujud akuntabilitas, sekecil apapun dana yang digunakan dana pemerintah harus dipertangungjawabkan dengan baik. Pertangungjawaban secara fisik saja tidak cukup, tetapi harus dilengkapi dengan administrasi yang baik dan memadai," ujar Edy Karim. 

Menurut Edy, hasil pembangunan harus dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik. Kelompok penerima manfaat dan pemelihara harus aktif dalam mengelola organisasinya sehingga hasil pembangunan tersebut dapat dipelihara. Dan bila ke depan nanti ada kerusakan dapat segera diperbaiki sehingga infrastruktur tersebut tetap berfungsi dan bermnanfaat.  

Saat yang sama, Kepala Desa Ilung Pasar Lama  Norman Fadilah menyampaikan bahwa dana yang akan diterima untuk tahap tahun 2014 sebesar             Rp100.000,000,00 dan tahap kedua sebesar Rp150.000.000,00 yang dipergunakan untuk membangun jalan desa atau jalan usaha tani  yang menghubungkan desa dengan areal pertanian. "Meskipun  dana ini bagi pemerintah ukurannya kecil, tapi jika dilihat dari manfaat yang dapat  kami  peroleh, ini merupakan hal yangsangat  besar.Seperti jalan usaha tani tersebut. Jalan tersebut akan memudahkan akses kesawah dan mengangkut hasil sawah atau pertanian yang tentunya membuat biayanya lebih murah," ujar Norman.

Pada akhir pertemuan, Kepala Desa mengharapkan dengan kehadiran Tim BPKP maka proses pelaksanaan mulai dari pencairan dana sampai pada penyelesaian pekerjaan dapat terawasi serta prosesnya berjalan dengan lancar. “Atas pencerahan dalam hal pertanggungjawaban keuangan baik dalam bentuk laporan maupun bukti-bukti pengeluaran yang diberikan oleh Tim BPKP, kami mengucapkan terima kasih," pungkas Norman.

 

(Beligan S. / Paskanius) n (x..)