BUMD se DIY Sambut Positif Penerapan GCG

Selasa (28/10), bertempat di PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta, Kepala Perwakilan BPKP DIY, Tytut Ratih Kusumo dan Satgas GCG BUMD BPKP Pusat menjadi narasumber dalam Workshop Sehari Penyedia Air Baku untuk mewujudkan GCG PDAM yang diselenggarakan oleh DPD Perpamsi DIY

Sosialisasi ini bertujuan agar BUMD di Wilayah DIY mempunyai komitmen untuk menerapkan Good Corporate Governance. Acara tersebut dihadiri oleh PDAM se-DIY, Dewan Pengawas PDAM se-DIY, dan BUMD lainnya di DIY, antara lain PT Selo Adikarto, PT Anindya Mitra Internasional, PD Aneka Usaha, dan PD Jogjatama Vishesha.

Acara dibuka oleh Ketua DPD Perpamsi DIY, Agus Tri Widodo dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala Perwakilan BPKP DIY, Tytut Ratih Kusumo. Dalam sambutannya, Tytut Ratih Kusumo mengharapkan bahwa sosialisasi Good Corporate Governance ini akan bermanfaat bagi BUMD. Materi dipaparkan oleh Direktur Pengawasan BUMD BPKP DIY, I Nyoman Sardiana dan Satgas GCG BPKP Pusat, Anne Florence Saragih dengan moderator Dwi Nurwata.

Dari Audit Kinerja PDAM yg telah dilakukan BPKP, seluruh PDAM yang ada di wilayah DIY, tingkat kesehatannya ada dalam kategori sehat, namun demikian kinerja BUMD masih belum memuaskan. Karena adanya intervensi Pemda sebagai pemilik modal, ketidaktepatan bantuan dari Pemerintah Pusat, sebagian PDAM masih harus melakukan penyetoran laba meski merugi dan kurangnya kompetensi pegawai.Hal tersebut disebabkan karena BUMD belum menerapkan GCG.

Dengan menerapkan GCG diharapkan perusahaan dapat menjadi lebih efisien, mempunyai daya saing, mempunyai pertumbuhan yang berkelanjutan, meningkatkan laba, dan meningkatkan nilai perusahaan.

Sosialisasi ini disambut positif oleh peserta sosialisasi, ke depan diharapkan BUMD dapat menerapkan GCG bukan karena keharusan akan tetapi karena kebutuhan.

 

(Humas BPKP DIY/dyah)/(tan)