Kaper BPKP Kalsel: Pelayanan Kesehatan Dasar Harus Dilaksanakan dengan Hati

Agar pelayanan kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan perlu dilakukan Loka Karya Mini secara terintegrasi dan berkelanjutan di lingkungan petugas pelayan kesehatan yang melibatkan seluruh jajaran pelayanan baik yang ada di Puskesmas maupun di Desa. Demikian pesan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Edy Karim, saat bekunjung ke Puskesmas Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru (18/10)

Sehubungan dengan audit atas hutang klaim pelayanan kesehatan dasar Jamkesmas dan Jampersal, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Edy Karim, melakukan monitoring Tim audit yang didampingi oleh Kabid IPP Beligan Sembiring. Monitoring dilaksanakan langsung ke tempat pelayanan yaitu Puskesmas Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru.

Jamkesmas dan Jampersal ditujukan dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan kesehatan Nasional dan Millenium Development Goals (MDGs) yaitu peningkatan akses mutu kesehatan, serta penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Kepesertaan program Jamkesmas dan Jampersal adalah peserta yang diberi kartu, peserta yang tidak diberi kartu dengan persyaratan tertentu dan masyarakat miskin/tidak mampu diluar data yang bersumber dari TNP2K, jaminan kesehatannya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah (Pemda) setempat. Untuk Jampersal yaitu Ibu hamil, Ibu bersalin, Ibu nifas dan bayi baru lahir.

Edy Karim, dalam kunjungannya memberikan arahan kepada Kepala Puskesmas Berangas Andrian Wijaya dan seluruh jajarannya agar dalam melakukan pelayanan kesehatan perlu dilaksanakan dengan hati yang paling dalam, sehingga masyarakat akan merasakan pelayanan dengan baik dan membuat masyarakat akan mempercayakan pelayanan kesehatannya kepada Rumah Sakit dalam hal ini Puskesmas sebagai pelayan yang sangat dekat dengan masyarakat. Demikian juga dengan pelayanan pada Klinik-klinik Dokter, Rumah Bersalin, Dokter/Bidan praktek harus melakukan pelayanan dengan baik sesuai dengan standar pelayanannya. Pelayanan ini dapat ditingkatkan tentunya dengan tetap melakukan pembinaan terhadap dokter dan paramedis.

Dalam melakukan pembinaan terhadap petugas pelayanan kesehatan perlu dilaksanakan lokakarya mini secara terintegrasi dan berkelanjutan yang ditujukan untuk memberikan pemahaman terhadap seluruh petugas agar dapat meningkatkan pelayanannya terhadap kesehatan masyarakat. Program Jamkesmas dan Jampersal dapat memberikan biaya pelayanan terhadap masyarakat dengan sistem klaim ke Menteri Kesehatan melalui Dinas Kesehatan kabupaten/kota setempat.

Kepala Puskesmas Berangas, Andrian Wijaya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan karena momen seperti ini sangat jarang dapat dilaksanakan. Kami beserta seluruh petugas pelayananan kesehatan sudah berusaha untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Kami tidak membedakan pelayanan yang didanai oleh pemerintah atau yang ditanggung sendiri oleh pasien. Terima kasih juga atas saran Kepala Perwakilan tentang lokakarya mini yang akan dilaksanakan setiap bulan dan setiap triwulan sudah dilakukan lokakarya dengan lintas organisasi yang melibatkan Camat, Kepala desa, dan perwakilan dari masyarakat.

Sekda yang didampingi oleh Asisten, Inspektur, Sekretaris BPKD dan Kepala Bagian Aset dan Kepala Bagian Akuntansi. Sekda menyampaikan terima kasih atas perhatian Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan terhadap peningkatan kualitas laporan keuangan Kotabaru dan menyatakan akan segera menindaklanjuti rencana aksi yang telah disepakati.

(B.S / Humas Kalsel)