BUMD dan KPUD Dumai Gandeng BPKP Wujudkan GCG

Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Dumai, dan 3 BUMD Kota Dumai: PT Pembangunan Dumai, PT Pelabuhan Dumai Berseri  dan PDAM Tirta Dumai Bersemai, di Rumah Dinas Walikota Dumai (10/9/14) menandatangani Nota Kesepahaman dengan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Riau. Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Walikota Dumai, Khairul Anwar, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Panijo dan Direktur dan Komisaris dari masing-masing BUMD.

Kepala BPKP Riau menyambut baik kepercayaan dan kerja sama dari ketiga BUMD dan KPU Dumai sekaligus memberikan apresiasi kepada Walikota Dumai atas kepercayaannya kepada BPKP. "Namun saya ingatkan, agar BUMD fokus pada bidang usaha yang potensial untuk memberikan kontribusi pendapatan bagi daerah dan juga dapat menghasilkan keuntungan. Tentunya itu semua dilakukan dengan tetap mematuhi koridor hukum yang berlaku," ujar Panijo. Terkait KPUD Dumai, Panijo berharap ke depan, selain menghasilkan  pemilukada yang aman dan lancar, penyelenggara pemilu terhindar dari jeratan hukum.

Saat yang sama, Khairul Anwar menyatakan terima kasih kepada BPKP atas kesiapannya untuk melakukan pendampingan terhadap PD. Pembangunan Kota Dumai ini, dengan harapan dapat terwujudnya tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). "Selain mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), misi kami adalah  menghasilkan BUMD yang maju, profesional dan akuntabel, sekaligus mampu bersaing di kancah  nasional," ujar Khairul yang didampingi oleh Inspektur Kota Dumai, H.M. Nizam, Sekretaris Daerah Kota Dumai, Said Mustafa.

Usai penandatanganan MoU, Kepala BPKP Riau turut menyaksikan acara penyerahan empat unit Kendaraan Dinas dari Pemkot Dumai, oleh Walikota Dumain kepada Kapolres, Dumai, Danlantamal, Dandim.

(Humas BPKP Riau/Hdi) (x..)..