BPKP Serahkan Laporan Pengawasan Kepada Gubernur Sulut

Pada hari Rabu (06/08), bertempat di ruang kerja Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, Adil Hamonangan Pangihutan, menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan atas Kualitas Akuntabilitas Keuangan Negara/Daerah Semester I Tahun 2014. Laporan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara – S.H. Sarundajang, yang didampingi oleh Inspektur Provinsi Utara – M.M. Onibala.

Dalam laporan hasil pengawasan tersebut, antara lain dipaparkan keberhasilan peningkatan kualitas akuntabilitas keuangan daerah yang tercermin dari raihan opini BPK atas 12 (dua belas) Pemda yang  Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2013 telah diaudit oleh BPK-RI, dimana opini WTP berhasil diraih oleh Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro. Sedangkan 5 (lima) pemda lain, yakni Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe meraih opini WDP.

Selain akuntabilitas keuangan, dalam laporan hasil pengawasan disampaikan pula Akuntabilitas Kebendaharaan Umum Negara dan Pengelolaan Aset, Akuntabilitas Perwujudan Iklim bagi Kepemerintahan yang Baik dan Bersih, serta Akuntabilitas Pengelolaan Program Lintas Sektoral yang berlangsung sampai dengan semester I Tahun 2014. Gubernur Sarundajang mengapresiasi laporan hasil pengawasan tersebut sebagai bentuk konsistensi Perwakilan BPKP dalam menjalankan kegiatan pengawasan untuk akuntabilitas keuangan di wilayah Provinsi Sulawesi Utara yang lebih baik.

(Humas BPKP Sulut)(x..)