BPKP Dukung Unhas Menuju World Class University

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Deni Suardini SE, Ak, MM didampingi para Kepala Bidang memenuhi undangan Rektor UNHAS Prof. Dr. Idrus Paturusi yang didampingi oleh Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Dr. Gagaring Pagalung (21/04).

Ditengah pertemuan dan diskusi yang cukup hangat dan konstruktif terkait akuntabilitas pengelolaan keuangan untuk menuju ke Unhas sebagai World Class University ikut bergabung Prof. Dr. Dwie Aries Tina sebagai Rektor Unhas yang baru terpilih.  Dalam pertemuan tersebut banyak hal yang dibicarakan terkait dengan peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan pada Universitas Hasanuddin sebagai Badan Layanan Umum yang memiliki anggaran cukup besar, pengamanan aset serta beberapa usaha yang dapat dioptimalkan untuk menunjang pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Dalam kesempatan tersebut Rektor dan civitas akademika UNHAS menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang tinggi atas segala bantuan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan dalam bidang assurance dan konsultansi dalam peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan termasuk pengadaan barang dan jasa. Rektor UNHAS juga meminta agar BPKP tidak hanya memberikan bantuan dalam konteks penugasan pengawasan, namun berharap akan adanya orang BPKP yang dipekerjaan di UNHAS untuk bersama-sama memperbaiki dan meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan. Prof Idrus Paturusi sebagai Rektor UNHAS yang lama, juga meminta kepada Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan dapat mengadakan audit secara menyeluruh atas kegiatan di UNHAS selama masa kepemimpinannya dua periode agar peralihan kepemimpinan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Tak hanya mendiskusikan tentang UNHAS, namun pertemuan itu juga membahas pengelolaan Rumah Sakit sebagai bagian entitas dari universitas. Diskusi juga berkembang tentang tata kelola pada BUMN, dimana Prof. Dr. Idrus Paturusi merupakan Komisaris Utama PT. Semen Tonasa dan disepakati bahwa akan ada beberapa permintaan penugasan pada PT Semen Tonasa.

Menanggapi permintaan tersebut, Kepala BPKP Sulsel Deni Suardini menyatakan siap membantu  dan memfasilitasi UNHAS dalam peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan menuju World Class University dan PT. Semen Tonasa untuk menuju good corporate governance.

(humassulsel-a.akb) (x..)