Pelatihan Auditor Satuan Pengawasan Intern (SPI) PTPN VIII

Bertempat di Ruang Rapat Utama Kantor Pusat PT. Perkebunan Nusantara (Persero) VIII, diselenggarakan Pelatihan Auditor Satuan Pengawasan Intern (SPI) PTPN VIII, yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 2 April 2014 sampai dengan tanggal 4 April 2014.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut yaitu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat,  Direktur Utama, Direktur SDM PTPN VIII, Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Barat.

Dalam sambutannya Dirut PTPN VIII, Dadi Sunardi mengemukakan bahwa PTPN VIII memiliki wilayah kerja meliputi Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten, berkeinginan SPI dapat menjadi pemasok informasi bagi Dirut yang dapat dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan, informasi itu tentu saja berasal dari hasil kegiatan SPI. Untuk itulah diminta kesediaan pihak BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat berbagi ilmu karena disadari ilmu pengetahuan mengenai audit sangat dikuasai oleh pihak BPKP.

Hal lain yang disampaikan adalah keinginan bahwa kerjasama ini tidak hanya terbatas pada pelatihan SPI namun masih banyak kegiatan dalam rangka perbaikan manajerial dan pengendalian pada PTPN VIII yang akan dimintakan kepada Perwakilan BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Hamonangan Simarmata menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan dan kepercayaan Direksi PTPN VIII kepada BPKP, untuk senantiasa membantu manajemen BUMN dalam rangka peningkatan mutu manajerialnya, terlebih lagi dalam upaya memerangi korupsi yang marak diungkapkan akhir akhir ini. Korupsi terjadi dimana-mana tidak terkecuali pada BUMN, oleh karena itu sebagai sesama auditor, SDM SPI PTPN VIII dapat memenuhi kebutuhan Informasi bagi Dirut dan sekaligus menginformasikan adanya risiko korupsi.

Penempatan auditor SPI PTPN VIII rata-rata baru ditempatkan pada bagian SPI khususnya dalam bidang auditing, mulai merencanakan, membuat kertas kerja dan pelaporan audit, serta evaluasi dan kajian yang menjadi tugas SPI, berangkat dari situlah Agus Wisma Kepala SPI PTPN VIII menyampaikan tujuan dari pelatihan auditor SPI ini, untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi  auditor SPI PTPN VIII, serta menyelipkan harapan dalam kerja sama dengan auditor BPKP dalam melaksanakan audit semacam “join audit”

Peserta pelatihan diikuti sebanyak 23 orang auditor SPI yang bukan berlatar pendidikan akuntansi, adapun materi yang disampaikan dari para nara sumber Perwakilan BPKP Provins Jawa Barat terdiri dari Dasar-dasar Audit oleh Ganis Diarsyah, Eksistensi SPI dalam Perspektif Peraturan oleh Zacky  Fithrya, Audit Operasional oleh Tuti Susilawati, Kertas Kerja Audit oleh Diana M, Penyusunan Laporan Hasil Audit oleh Musa Roja’i, Komunikasi Audit oleh Dorland Purba dan Fraud Control Plan oleh Enan Sugandi.

 

(humas jabar) (x..)