Ketua PT Makassar Ingatkan Pentingnya Pengamanan Aset Negara

Berdasarkan data acara persidangan di tingkat banding Pengadilan Tinggi Makassar, belakangan ini marak kasus gugatan perdata atas aset negara di wilayah Sulawesi Selatan.  Permasalahan diatas mengemuka dalam pertemuan antara Ketua Pengadilan Tinggi Makassar, H Suryadarma Belo dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Deni Suardini di Kantor Pengadilan Tinggi Makassar, (03/04).

Hal tersebut menjadi salah satu kekhawatiran Ketua Pengadilan Tinggi Makassar mengingat beberapa gugatan mengakibatkan hilangnya aset negara yang disebabkan tidak tertibnya pengelola barang milik negara dalam mengamankan aset negara.

Dalam pertemuan itu, H Suryadarma Belo mengucapkan terima kasih atas bimbingan BPKP sehingga Pengadilan Tinggi melalui MA memperoleh opini WTP atas laporan keuangan tahun 2012. Untuk itu, di tahun 2014, Pengadilan Tinggi Makassar mengharapkan kembali bantuan dari BPKP untuk mendampingi melakukan reviu LKKL, percepatan penyelesaian temuan-temuan BPK, dan penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Menanggapi pernyataan tersebut, Deni Suardini juga mengapresiasi kepercayaan dari Mahkamah Agung, khususnya Pengadilan Tinggi Makassar kepada BPKP. "Kami siap memberikan bantuan di bidang pengawasan," janji Deni. Terkait maraknya gugatan atas aset negara, BPKP selaku pembina SPIP akan mengingatkan kepada seluruh Pemerintah Daerah dan Satuan Kerja K/L di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan agar tertib dalam mengelola barang milik negara.

(humas BPKP Sulsel) (x..)