Kaper BPKP Kalsel Pantau Program Pamsimas

Bersamaan dengan Tim Audit Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Kepala Perwakilan BPKP Kalsel Edy Karim berkesempatan mengunjungi masyarakat Desa Ujung, Tanah Laut sebagai pelaksana dan pemanfaat Program Pamsimas (20/03)

 

Kamis, 20 Maret 2014, Edy Karim menyempatkan bertemu dengan masyarakat Desa Ujung sebagai pelaksana dan pemanfaat Program Pamsimas. Pamsimas sebagai salah satu Program PNPM Pendukung dalam rangka menciptakan masyarakat hidup bersih dan sehat melalui penyediaan layanan air minum dan sanitasi, menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan penentu dalam seluruh tahapan mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan sampai dengan tahap pengoperasian dan pemeliharaan. Proses tersebut mengajak masyarakat untuk menemu-kenali berbagai permasalahan terkait dengan air minum dan sanitasi, kemudian dibimbing untuk melakukan berbagai langkah solusi dan pencegahannya.

Pada kesempatan tersebut, Edy Karim juga sempat berdialog dengan Kepala Sekolah Anwar Hadini beserta guru-guru SD Negeri Ujung 1 yang menerima bantuan fisik berupa sarana cuci tangan dan kamar mandi. "Bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk mengajarkan kepada murid-murid belajar hidup bersih sejak dini," ujar Anwar. Hal tersebut sejalan dengan sasaran Program Pamsimas yaitu meningkatnya masyarakat desa yang menerapkan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan meningkatnya masyarakat yang mengadopsi Program Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Antusiasme masyarakat Desa Ujung atas Program Pamsimas juga terlihat saat Edy Karim menemui beberapa warga yang tinggal di sekitar menara air. Secara khusus Edy Karim berpesan kepada Ketua Satlak KKM Desa Ujung untuk memperkuat tangga menara air, sehingga keselamatan pengelola menara air terjaga dan sarana dapat terpelihara dengan baik, kemudian segera memusyawarahkan pembagian air untuk umum.

Dengan adanya Fasilitator Keberlanjutan dan Program Hibah Insentif Desa (HID), Edy Karim menilai bahwa Program Pamsimas telah memiliki sistem yang bagus dalam rangka memacu kesadaran masyarakat untuk memelihara infrastruktur Program Pamsimas. Diharapkan Program Pamsimas dapat memberikan manfaat untuk masyarakat dalam jangka waktu lama.

 

(Mbob//Humas Kalsel) (x..)