Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BKKBN Kalsel Berkomitmen Pertahankan Dukungannya Terhadap Opini WTP LK BKKBN
20 Juli 2013 06:30:04 / kalsel1 / dibaca: 3860 kali / Kat: SPIP

Opini WTP atas laporan keuangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional  (BKKBN)  salah satunya ditentukan karena adanya SPIP yang handal. 

 

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dapat diraih karena pengelolaan keuangan telah dilaksanakan secara akuntabel sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, bebas dari salah saji material, adanya sistem pengendalian intern yang memadai, dan patuh terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Oleh karena itu opini WTP harus dapat dipertahankan," demikian disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel, Edy Karim pada Bimbingan Teknis Control Environment Evaluation (CEE) SPIP di Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan.

BKKBN telah menjalin hubungan yang baik dengan BPKP pada tingkat pimpinan di Kantor Pusat  di Jakarta. Demikian juga di tingkat perwakilan. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, Dr. Sunarto, MPA sudah dua kali datang melakukan kunjungan kerja ke Kantor Perwakilan BPKP di Banjarbaru, sementara kunjungan balasan baru kali ini dapat dilakukan.

Selain kunjungan silaturahmi, pertemuan tersebut adalah momentum dalam rangka memperkuat kerjasama, di mana kehadiran BPKP dapat membantu Kantor Perwakilan BKKBN membangun Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang handal.

Berdasarkan PP 60 Tahun 2008, semua kementerian/lembaga wajib membangun SPIP yang memadai dan handal. SPIP yang handal di kementerian/lembaga ikut ditentukan oleh kehandalan SPIP di Kantor Perwakilan di daerah.

Edy Karim lebih lanjut menyampaikan apresiasi atas keberhasilan BKKBN meraih opini WTP atas laporan keuangannya dari BPK RI. Opini WTP adalah level tertinggi dalam penilaian laporan keuangan dari empat jenis opini. Selain WTP ada Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Opini Tidak Wajar, dan Tidak Memberikan Opini. Laporan keuangan yang diberikan Opini WDP  menunjukkan laporan keuangan masih mengandung unsur kelemahan. Kelemahan dari unsur kesalahan penyajian, atau tidak menerapkan Standar Akuntansi Pemerintahan. Sistem pengendalian intern yang lemah atau adanya penyimpangan terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, namun kelemahan tersebut tidak memberi pengaruh negatif terhadap laporan keuangan secara keseluruhan. Opini Tidak Wajar adalah pendapat yang diberikan auditor yang atas ketidakwajaran penyajian laporan keuangan secara keseluruhan. Dan Tidak Memberikan Opini adalah kondisi dimana auditor tidak dapat memberikan pendapat atas laporan keuangan karena ada pembatasan.

Opini WTP bukan jaminan bahwa pengelolaan keuangan bebas dari kemungkinan perbuatan kecurangan atau perbuatan korupsi. Bila perbuatan kecurangan dilakukan dengan cara berkolusi antara beberapa orang yang menjalankan fungsi yang berbeda maka sistem pengendalian intern lambat mendeteksi kecurangan.

Bimbingan Teknis Control Environment Evaluation (CEE) SPIP di Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kalimantan Selatan dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Dr. Sunarto, MPA.

Dalam kata sambutannya, Kepala Perwakilan BKKBN menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP dan staf yang  telah bersedia melakukan bimbingan teknis SPIP kepada pegawai BKKBN. Sunarto berharap bimbingan teknis dapat diikuti sampai selesai sehingga hasil evaluasi lingkungan pengendalian bisa menggambarkan keadaan sebenarnya. (Humas BPKP Kalsel/ Budianta Pinem)(d)



Share      

Berita Terkait:

18 Agustus 2016 22:03:28 / jabar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Peningkatan Efektifitas Manajemen Risiko Pada JKN/KIS Jawa Barat
12 Agustus 2016 21:22:25 / jatim1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pemkab Banyuwangi Raih Maturitas SPIP Level 3
08 Agustus 2016 21:49:26 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Gubernur Sulsel Harap BPKP Terus Kawal Akuntabilitas Keuangan
30 Mei 2016 15:48:02 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
APIP Sulsel Komit Kawal Peningkatan Maturitas SPIP
20 Mei 2016 18:35:42 / diy1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pemkab Kulon Progo Bersinergi Menuju Level 3 Maturitas SPIP