Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Seputar Bengkulu

> Batik Besurek

Sebagaimana daerah lain di Indonesia, Bengkulu juga memiliki kain batik khas yang disebut Batik Besurek. Pada mulanya metode pembuatan batik besurek dilakukan secara tulis tangan tradisional, namun dalam perkembangannya sekarang lebih bayak batik besurek yang dibuat secara masal dengan metode printing. Meski demikian, motif khas Bengkulu masih tetap dipertahankan. 

 

> Musik Dol

Adalah musik khas Provinsi Bengkulu dengan alat musik utama berupa Dol dan Tesa. Dol terbuat dari kayu kayu tengahnya dilubangi dan kemudian ditutup dengan menggunakan kulit  lembu.  Dol berbentuk seperti beduk. Garis tengahnya sekitar 70 – 125 cm, dan alat pemukulnya berdiameter 5 cm dan panjangnya 30 cm. Cara menggunakannya dengan cara dipukul-pukul. Sedangkan Tessa berbentuk seperti   rebana, terbuat dari   tembaga,   besi plat atau   alumunium, dan juga bisa dari kuali yang permukaannya ditutup degan kulit kambing yang telah dikeringkan.

 

> Tabot

Tabot adalah sebuah ritual budaya untuk memperingati peristiwa bersejarah gugurnya Hasan dan Husen, cucu Nabi Besar Muhammad SAW di Padang Karbalah. Ritual ini dilaksanakan setiap tahun oleh kaum keluarga Tabot Bengkulu. Ritual budaya yang sakral ini dilaksanakan selama sepuluh hari dari tanggal 1 sampai dengan 10 Muharam. Konon bagi masyarakat setempat, ritual budaya harus dilaksanakan agar mereka terhindar berbagai kesulitan dan wabah penyakit.


> Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya

 


Share