Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu Tahun 2019
11 September 2019 09:58:18 / bengkulu / dibaca: 60 kali / Kat: APIP

Bengkulu (9/9), bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Gumbira Budi Purnama membuka acara Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Gumbira didampingi oleh Parluhutan Sinaga (Korwas Investigasi) dan Harun Hidayat (Kasatgas Pencegahan pada Koordinator Wilayah 1 Pencegahan dan Penindakan KPK). Acara dihadiri oleh para Pejabat Struktural dan Korwas Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu dan 40 peserta Workshop yang berasal dari Inspektorat se-wilayah Provinsi Bengkulu.

Harun dalam sambutannya menyampaikan bahwa Workshop ini merupakan agenda rutin setiap tahun dari Pusat Edukasi Anti Korupsi KPK yang diselenggarakan di seluruh Provinsi di Indonesia. Workshop direncanakan berlangsung selama 4 hari dengan materi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat,  Audit Investigatif Pengadaan Barang dan Jasa, Hukum Pidana, Hukum Acara Pidana dan Tindak Pidana Korupsi. Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan peran APIP dalam memberantas Korupsi.

Sedangkan Gumbira menyampaikan bahwa materi Workshop ini sangat penting untuk dikuasai oleh auditor inspektorat. Materi Audit investigatif sejalan dengan Permendagri 35 Tahun 2018 yang menyebutkan bahwa salah satu kebijakan pengawasan tahun 2019 bagi inspektorat adalah mendapatkan bimbingan teknis di bidang pemeriksaan investigatif. Materi pengelolaan pengaduan masyarakat sejalan dengan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Pasal 385 menyebutkan bahwa APIP wajib melakukan pemeriksaan atas dugaan penyimpangan yang dilakukan oleh Masyarakat. Pengetahuan tentang Hukum juga sangat penting karena Auditor harus dapat memahami suatu kasus itu berindikasi tindak pidana korupsi atau tidak dan tata cara penanganannya oleh Aparat Penegak Hukum. Workshop ini tematik di bidang pengadaan barang dan jasa karena 80% kasus korupsi terkait dengan pengadaan barang dan jasa, baik pada saat perencanaan, pelaksanaan mau pun serah terima barang. Oleh karena itu, workshop ini sangat penting dan diharapkan para peserta dapat mengikutinya dengan baik.

Pembukaan workshop ini ditandai dengan penabuhan Dol, alat tabuh tradisional dari Bengkulu dalam rangka melestarikan dan mengenalkan budaya lokal kepada para hadirin.



Share      

Berita Terkait:

02 Mei 2013 09:11:25 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: APIP
Launching Situs Forbes APIP Provinsi Bengkulu dan Diskusi Panel Forbes APIP Bengkulu
28 Nopember 2012 14:52:08 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: APIP
Inspektur Provinsi Bengkulu Lakukan Koordinasi Forbes APIP ke BPKP