Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Percepatan Implementasi SPIP Level 3 Pemerintah Kabupaten Mukomuko
22 April 2019 10:18:02 / bengkulu / dibaca: 672 kali / Kat: SPIP

Mukomuko (12/04/2019) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu menghadiri acara Bincang Asik (BISIK) SPIP dengan Tema Percepatan Implementasi SPIP Level 3 sebagai narasumber pada Pemerintah Kabupaten Mukomuko yang bertempat di Aula Bappedalitbang Kabupaten Mukomuko. Acara Bicang Asik (BISIK) SPIP dihadiri oleh Bupati Mukomuko, Sekretaris Daerah, Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Inspektur, dan seluruh Kepala OPD pada Pemerintah Kabupaten Mukomuko

Kegiatan yang bertempat di Aula Bappedalitbang Kabupaten Mukomuko dihadiri oleh Bupati Mukomuko, Sekretaris Daerah, Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Inspektur, dan seluruh Kepala OPD pada Pemerintah Kabupaten Mukomuko.

Acara dibuka dengan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dan sambutan oleh Bupati Mukomuko, Choirul Huda. Pada kesempatan tersebut, Choirul mengatakan bahwa BPKP ingin membantu Pemerintah Daerah untuk mengelola keuangan daerah agar akuntabel dan terbuka dengan menggunakan sistem aplikasi SPIP sehingga level SPIP pada Pemerintah Kabupaten Mukomuko dapat mencapai level 3.

Setelah acara Bincang Asik (BISIK) SPIP resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan untuk mencapai level 3 oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah sampel di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko disaksikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu dan Bupati Mukomuko serta penyerahan plakat dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu ke Bupati Mukomuko dan sebaliknya.

Pada sesi selanjutnya sebagai narasumber, Ramli Midian Sihombing selaku Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu memaparkan materi terkait SPIP. Dalam paparannya, Ramli membahas tugas BPKP sebagai Assurance dan Consulting, “BPKP adalah internal auditor yang memiliki tugas Assurance yaitu memberi keyakinan bahwa seluruh kebijakan yang dilaksanakan sudah on the right track dan Consulting sebagai pusat konsultasi”

Pada kesempatan tersebut, Ramli menegaskan bahwa SPIP bukan merupakan tanggungjawab APIP saja, melainkan tanggungjawab seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah. Ramli juga berharap bahwa enam belas OPD yang ada pada Pemerintah Kabupaten Mukomuko dapat menjadi ujung tombak untuk meningkatkan SPIP Level 3 pada Pemerintah Kabupaten Mukomuko.

Sebelum acara diakhiri, tim BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu mengadakan sebuah kuis yang diikuti oleh seluruh Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Mukomuko. Kuis tersebut berisi sepuluh pertanyaan seputar SPIP yang diharapkan dapat menambah kesadaran seluruh Kepala OPD terkait tanggungjawab dan pentingnya implementasi SPIP pada Pemerintah Daerah.



Share      

Berita Terkait:

05 Juli 2019 18:50:34 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: SPIP
Ekspose SPIP Level 3, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi BengkuluTerima Penghargaan
18 Maret 2019 17:44:28 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: SPIP
“BISIK SPIP” (Bincang-Bincang Asik SPIP dalam rangka Percepatan Implementasi SPIP) Level 3
21 Pebruari 2019 14:50:22 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: SPIP
BISIK SPIP Langkah Percepatan Implementasi SPIP Level 3
01 Pebruari 2019 08:25:37 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: SPIP
Percepatan Peningkatan Penyelenggaraan SPIP Menuju Level 3 pada Pemda Se-Provinsi Bengkulu
19 Desember 2018 16:58:35 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: SPIP
Membangun SPIP di Provinsi Bengkulu