Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Percepatan Peningkatan Penyelenggaraan SPIP Menuju Level 3 pada Pemda Se-Provinsi Bengkulu
01 Pebruari 2019 08:25:37 / bengkulu / dibaca: 136 kali / Kat: SPIP

Bengkulu (30/1) – Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu mengadakan kegiatan “Workshop Percepatan Peningkatan Penyelenggaraan SPIP Menuju Level 3 pada Pemerintah Daerah Se-Provinsi Bengkulu” selama 1 hari pada tanggal 30 Januari 2019 di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu.

Workshop yang diadakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu ini diikuti oleh seluruh Inspektorat yang ada di Provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan adalah paparan mengenai materi SPIP oleh narasumber dari Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu Ramli Midian Sihombing.

Dalam Sambutannya, Ramli mengatakan bahwa tanggung jawab pelaksanaan SPIP pada Pemerintah Daerah merupakan tanggung jawab Kepala Daerah yang didelegasikan kepada Sekretaris Daerah, sedangkan Inspektorat hanya melaksanakan penilaian maturitas SPIP, “Siapa yang bertanggungjawab terhadap SPIP? yang salah kaprah SPIP adalah urusan Inspektorat, begitu ada surat SPIP langsung disposisi ke Inspektorat, padahal SPIP adalah urusan manajemen secara menyeluruh, seluruh pimpinan memiliki peran dalam implementasi SPIP”, ujar Ramli.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi SPIP oleh lima orang narasumber dari Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Imelda Mauldivita yang membawakan materi tentang pengantar dan kebijakan umum, Riyanti Ridzki Dewi memaparkan materi tentang lingkungan pengendalian, Asri Murtini memaparkan tentang kegiatan pengendalian, Nuansa Gilang Insani tentang penilaian risiko, infokom dan pemantauan dan Ai Verdayanie tentang pengenalan e-SPIP.

Pada paparan materi tentang pengantar kebijakan umum yang dibawakan oleh Imelda Mauldivita, Imelda mengatakan bahwa SPIP antara lain memberikan keyakinan yang memadai atas penyelenggaraan pemerintahan, “Tujuan SPIP adalah untuk meningkatkan kegiatan efektif dan efisien”, imbuhnya.

Setelah mendapatkan bimbingan langsung dari Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, acara ini diharapkan dapat memberikan pencerahan mengenai maturitas SPIP pada Inspektorat di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu agar dapat menuju level 3.



Share      

Berita Terkait:

18 Pebruari 2019 15:19:17 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: SPIP
Percepat Implementasi SPIP Level 3, Kabupaten Lebong dan Bengkulu Utara adakan BISIK SPIP
19 Desember 2018 16:58:35 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: SPIP
Membangun SPIP di Provinsi Bengkulu
25 September 2018 20:36:31 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: SPIP
Wujudkan Peningkatan Maturitas SPIP Level 3 di Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah
13 Juli 2018 14:28:09 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pengendalian Gratifikasi dan Peningkatan SPIP di Rejang Lebong
13 April 2018 16:24:42 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP Bersama APIP Se-Provinsi Bengkulu Menuju Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Level 3