Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Sinergitas Koordinasi Pengawasan Melalui Pemutakhiran Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Inspektorat se
19 Desember 2018 17:09:48 / bengkulu / dibaca: 670 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Bengkulu, Rabu (19/12), dilaksanakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data dan Gelar Pengawasan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Inspektorat Provinsi Bengkulu Tahun 2018 di Hotel Nala Sea Side. Acara ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu, H. Gotri Suyanto, yang mewakili Gubernur Bengkulu. Turut hadir sebagai narasumber adalah Kepala Perwakilan BPK  Provinsi Bengkulu, Arif Agus, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Ramli Midian Sihombing, serta Inspektur Provinsi Bengkulu, Massa Siahaan. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, Inspektur, Sekretaris dan staf dari inspektorat kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu, dan OPD kabupaten/kota yang belum menyelesaikan temuan hasil pemeriksaan.

Dalam kesempatan sambutannya, Gotri Suyanto, menyampaikan pentingnya acara ini karena tindak lanjut hasil pengawasan merupakan salah satu unsur yang perlu di lakukan untuk memperoleh opini WTP dari BPK. “Gelar pengawasan ini merupakan kesempatan bagi auditor untuk menjalin sinergi dan koordinasi dengan pihak auditee sehingga terjadi rekonsiliasi atas data-data yang berbeda untuk dicarikan jalan keluar atas rekomendasi yang belum tuntas”, ujar Gotri.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh tiga narasumber yaitu Kalan BPK Provinsi Bengkulu, Kaper BPKP Provinsi Bengkulu, dan Inspektur Provinsi Bengkulu. Pada kesempatan pemaparannya, Kalan BPK Provinsi Bengkulu, Arif Agus, menyampaikan kewajiban auditee untuk melakukan tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan dalam jangka waktu 60 hari sejak terbitnya laporan hasil pemeriksaan. “Provinsi Bengkulu secara keseluruhan berada diurutan ke-15 dalam hal penyelesaian tindak lanjut hasil rekomendasi pemeriksaan BPK diantara pemerintah daerah se-Provinsi Jawa dan Sumatera sehingga masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan agar tidak kalah dengan pemerintah daerah yang lain”, ujar Arif.

Pemaparan berikutnya oleh Kaper Provinsi Bengkulu, Ramli Midian Sihombing, menyampaikan peran APIP diantaranya memberikan keyakinan memadai atas ketaatan, efesiesi, ekonomis dan efektivitas, memberikan peringatan dini untuk meningkatkan efektivias manajemen risiko, memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah. “Penyebab APIP masih level 1 diantaranya seringnya mutasi tanpa kaderisasi mengindikasikan kurangnya komitmen pimpinan dalam memberdayakan APIP, kompetensi dan profesionalisme SDM belum memadai, kegiatan pengawasan yang masih terbatas pada akurasi perhitungan tapi belum ke substansinya, dan perencanaan belum berdasarkan prioritas”, ujar Ramli.

Pada kesempatan pemaparan terakhir oleh Inspektur Provinsi Bengkulu, Massa Siahaan mengingatkan belakangan ini banyak kepala daerah dan penyelenggara negara yang terjaring OTT. “Berdasarkan hasil pemetaan KPK, Provinsi Bengkulu masih dalam zona merah, sehingga diperlukan langkah-langkah untuk mencegah permasalahan tersebut diantaranya upaya koordinasi pencegahan korupsi dengan KPK, pengisian jabatan tanpa uang, perjanjian kerjasama dengan APH, pengawasan pada proyek-proyek dengan pendampingan dari kejaksaan, dan upaya-upaya tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan BPK”, ujar Massa.  



Share      

Berita Terkait:

26 Oktober 2018 07:48:44 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
APIP Daerah yang Kuat, Bersama Mencegah Korupsi
12 September 2017 15:54:48 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Utamakan Integritas
29 Agustus 2017 08:21:22 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Penutupan Diklat PK APIP, BPKP Provinis Bengkulu Tingkatkan Level Kapabilitas APIP Lebih Tinggi
15 Agustus 2017 11:29:42 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tingkatkan Kapabilitas Pengawasan Intern Pemerintah, BPKP Tambah Jumlah Auditor Inspektorat Melalui
21 April 2017 17:00:57 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Bupati Seluma Siap Berkomitmen untuk Perkuat Peran Inspektorat