Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

SOSIALISASI PEDOMAN PENGAWASAN INTERN ATAS PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH OLEH BPKP – LKPP
09 Nopember 2018 09:05:38 / bengkulu / dibaca: 40 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Bengkulu (07/11) – Sosialiasi Pedoman Pengawasan Intern atas Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah bagi APIP Pemda Se-Provinsi Bengkulu dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Bram Brahmana. Kegiatan Sosialiasi dilaksanakan selama 2 hari tanggal 07 - 08 November 2018 di Aula Kantor Pewakilan BPKP Provinsi Bengkulu. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 35 orang, 5 orang dari Inspektorat Provinsi, 25 orang dari Inspektorat Kabupaten/Kota, dan 5 orang dari BPKP Bengkulu. Narasumber pada sosialiasi tersebut diantaranya Direktur Pengawasan PPKD Wilayah I, Adi Gemawan dan Hilman Fazri dari LKPP Pusat.

 Dalam sambutannya, Bram Brahmana menyampaikan bahwa Sosialiasi Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah menjadi momen yang tepat sehubungan dengan terbitnya Peraturan Presiden terbaru yaitu Peraturan Presiden 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Disamping itu, diketahui bahwa penyerapan anggaran pada Pemerintah Provinsi Bengkulu masih sangat rendah sekitar 52% sedangkan Pemerintah Kabupaten masih sekitar 50-60%%. Salah satu penyebab hal tersebut, adanya ketakutan PPTK dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa pada pemerintah daerahnya. Inspektorat Kabupaten/Kota selaku APIP di daerah diharapkan mampu mengawasi dan melakukan pendampingan  terkait pengadaan barang jasa.

Disamping itu, Bram Brahmana juga menambahkan bahwa di Provinsi Bengkulu, baru satu APIP yang telah mencapai level 3 untuk kapabilitas APIP, yaitu Inspektorat Kota Bengkulu. Bram Brahmana, dalam acara pembukaan Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, mendorong kepada seluruh APIP di Kapubaten lain, secara bersama-sama bersinergi, dengan target minimal hingga semester I Tahun 2019, dapat mencapai Peningkatan Kapabilitas APIP Level 3.

Pada akhir pembukaan, Bram Brahmana mengharapkan dengan adanya Sosialisasi tersebut, dapat memberikan nilai tambah dan menjadi acuan dalam melakukan pengawasan pengadaan barang/jasa pemerintah oleh APIP. 



Share      

Berita Terkait:

30 Juli 2018 09:09:53 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP di Lingkungan APIP se-Provinsi Bengkulu
16 Juli 2018 15:11:34 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan kompetensi APIP, BPKP Adakan Diklat Audit Kinerja
26 Pebruari 2018 16:10:20 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Percepat Peningkatan Kapabilitas APIP, Inspektorat Kota Rangkul BPKP untuk Diklat Audit Lanjutan
15 September 2017 18:11:24 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Penutupan Diklat Pengelolaan Keuangan Daerah bagi PPK-SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebong
11 September 2017 14:00:08 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Perkuat SDM Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemerintah Kabupaten Lebong Gandeng BPKP