Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Bengkulu Memperoleh Opini WTP
01 Juni 2018 09:08:50 / bengkulu / dibaca: 1003 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

31/05- "Opini WTP merupakan penilaian pemeriksa atas kewajaran informasi yang terdapat di dalam laporan keuangan bukan jaminan bahwa laporan keuangan tersebut telah bebas dari kecurangan” isi pidato Wakil Ketua BPK RI yang dibacakan oleh Kepala BPK RI Provinsi Bengkulu Bapak Yuan Candra Djaisin pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2017 di Gedung DPRD Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Ihsan Fajri dan dihadiri oleh Plt. Gubernur, Waki-wakill Ketua dan  Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu, Kepala BPS Provinsi Bengkulu dan Inspektur Provinsi serta Kepala OPD di Lingkungan Provinsi Bengkulu. Sebelum sambutan, kegiatan diawali dengan penandatanganan Berita Acara Hasil Pemeriksaan BPK atas LKPD Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2017, antara Kepala Perwakilan BPK dan Ketua DPRD Provinsi Bengkulu yang dilanjutkan dengan  serah terima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)  tersebut dari Kepala Perwakilan BPK kepada Ketua DPRD Provinsi Bengkulu.

Selanjutnya, pada kesempatan pertama, Sambutan disampaikan oleh Yuan Candra Djaisin yang membacakan sambutan tertulis  Walkil Ketua BPK RI, Bahrullah Akbar, yang berhalangan hadir karena acanya acara penyerahan LKPP dari BPK kepada Ketua DPR RI di Jakarta. Yuan menyampaikan bahwa tahun 2017 merupakan tahun ketiga bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah seluruh Indonesia menerapkan akuntansi berbasis akrual, baik sistem akuntansi maupun penyajian laporan keuangannya. Dengan penerapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berbasis akrual, pemerintah daerah dapat lebih komprehensif  untuk menyajikan seluruh hak, kewajiban, dan kekayaannya serta perubahan kekayaannya, hasil operasi realisasi anggaran dan sisa anggaran lebihnya.

Dalam perkembangannya pemerintah daerah pun telah menunjukkan peningkatan atas kualitas laporan dan pertanggungjawabannya. Ini ditandai dengan meningkatnya jumlah pemerintah daerah yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP). Untuk tahun anggaran 2016 secara nasional, sebanyak 378 pemerintah daerah memperoleh opini WTP yang meningkat dari tahun anggaran 2015 sebanyak 313 pemerintah daerah. Dengan LKPD berbasis akrual ini, pemerintah daerah dapat mempertanggungjawabkan pelaksanaan APBD secara lebih transparan dan akuntabel serta memberi manfaat lebih baik bagi pemangku kepentingan baik para pengguna maupun pemeriksa laporan keuangan.

Pemeriksaan laporan keuangan bermaksud memberikan opini terhadap kewajaran penyajian laporan keuangan. Opini WTP merupakan penilaian profefsional pemeriksa atas kewajaran informasi yang terdapat di dalam laporan keuangan bukan jaminan bahwa laporan keuangan tersebut telah bebas dari kecurangan. Berdasarkan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2017, BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Plt. Gubernur, Rohidin Mersyah menyampaikan, “opini WTP ini terasa sangat spesial karena dua tahun terakhir, Pemerintah Provinsi Bengkulu memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP)”. “Opini WTP ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran di Provinsi Bengkulu” tambahnya. Atas pencapaian ini, saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para pengelola keuangan daerah serta pihak-pihak terkait. Saya berharap pengelolaan keuangn semakin baik, transparan dan akuntabel untuk mencapai good governance and clean governance, tambahnya.. Untuk itu, kami mengharapkan bantuan BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu dalam membangun quality assurance, penguatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), dan peningkatan kapabilitas inspektorat di Provinsi Bengkulu dalam mengelola program-program strategis pembangunan. Sehingga pencapaian opini WTP ini dapat dipertahankan di tahun yang akan datang dan meningkatkan pengelolaan keuangan pemerintah Provinsi Bengkulu ke arah yang lebih baik.

Kegiatan ini diakhiri dengan ditutup oleh Ketua DPRD Provinsi Bengkulu dan foto Bersama, serta ucapan selamat atas opini WTP yang diraih Pemerintah Provinsi Bengkulu.



Share      

Berita Terkait:

04 Oktober 2018 14:32:22 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KESEJAHTERAAN DAN KESELAMATAN KERJA BAGI APARAT PEMERINTAH DESA
19 September 2018 09:39:47 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Rapat Koordinasi Pemda Bengkulu Selatan dan BPJS Ketenagakerjaan
08 September 2018 20:17:39 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
191 Lulusan Program STAR BPKP - Universitas Bengkulu Siap Mengelola Keuangan Daerah
13 Agustus 2018 15:46:36 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kepala Perwakilan BPKP Bengkulu Lantik Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara
03 Agustus 2018 08:41:26 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
NIKMATNYA GURITA KHAS KABUPATEN KAUR DALAM HARI KELUARGA NASIONAL KE XXV DI KABUPATEN KAUR