Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Kabupaten Seluma Siap Mengimplementasikan SPIP Menuju Level Tiga
18 Mei 2018 05:39:24 / bengkulu / dibaca: 618 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Bengkulu (14/5) – Bertempat di Aula Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Seluma. Senin, telah diselenggarakan Workshop Penilaian Implementasi Maturitas SPIP Menuju Level tiga pada Pemerintah Kabupaten Seluma. Acara yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 14 Mei sampai tanggal 15 Mei 2018 ini, diikuti oleh 135 peserta dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Sekretaris Daerah, dan Inspektur Kabupaten Seluma. Selain itu juga dihadiri oleh para Kepala OPD, Camat, Sekretaris OPD, Kasubbag Perencanaan, serta Auditor di lingkungan Inspektorat Kabupaten Seluma. Turut hadir dan secara langsung membuka acara tersebut adalah Bupati Seluma, Bundra Jaya.

 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Bram Brahmana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) tidak dapat dilaksanakan secara parsial namun harus dilaksanakan secara menyeluruh dari tingkatan paling tinggi sampai yang paling rendah. Kelima unsur SPIP yaitu Lingkungan Pengendalian, Penilaian Risiko, Kegiatan Pengendalian, Informasi Dan Komunikasi, serta Pemantauan harus dipahami oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Tingkat Maturitas SPIP Kabupaten Seluma berdasarkan hasil evaluasi tim BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu di bulan November 2017 berada pada level dua atau berkembang dengan skor 2,64, karena itu, Pemerintah Kabupaten Seluma diharapkan bisa segera menyelesaikan masalah-masalah yang menghambat pencapaian maturitas SPIP level tiga, terutama mengenai Pengamanan Aset yang merupakan salah satu tujuan yang akan dicapai apabila SPIP dapat diselenggarakan dengan baik sesuai dengan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah. Hal tersebut tertuang dalam sub unsur keempat yaitu pengendalian fisik atas aset dari unsur ketiga, kegiatan pengendalian.

Kemudian penyusunan risk register  dan RTP Kabupaten Seluma yang tertuang dalam unsur kedua, identifikasi risiko. Bram juga menegaskan pentingnya penerapan unsur lingkungan pengendalian yakni sub unsur pertama berupa penegakan integritas bagi seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma. Selain itu, pimpinan harus mendukung seluruh pegawai untuk meningkatkan kompetensinya, “Kita harus terbuka terhadap perkembangan-perkembangan yang ada” lanjut Bram.

Bram juga menjelaskan pentingnya peran inspektorat daerah sebagai mitra kerja OPD dalam melakukan pengawasan. Inspektorat harus bisa memberikan early warning system bagi permasalahan dan kesulitan yang terjadi di lingkungan Pemerintah Daerah. Inspektorat merupakan pintu pertama dari upaya penyelesaian ketika ada kesulitan terjadi. Diharapkan agar penguatan Inspektorat Seluma terus berlangsung sehingga mampu memberikan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi OPD.

Bupati Seluma, Bundra Jaya, mengungkapkan pentingnya komitmen Kepala OPD dalam mendukung peningkatan maturitas SPIP Kabupaten Seluma. “Mari tertibkan administrasi sesuai aturan yang berlaku. Bapak ibu yang memegang kepemimpinan setidaknya sekali dalam sebulan mengadakan  briefing, apa yang  sudah dilakukan, apa yang belum dicapai” jelasnya. Para Kepala OPD yang bekerja dibawah standar dan tidak mau belajar untuk mengikuti perkembangan, khususnya perkembangan IT, harus siap menanggung konsekuensinya untuk digantikan oleh pegawai yang lebih muda dan inovatif.

Workshop dilanjutkan dengan pemaparan tentang penilaian risiko atas kinerja indikator utama, Aplikasi Penilaian Maturitas SPIP, dan penyusunan risk register serta Rencana Tindak Pengendalian (RTP) oleh Tim BPKP Provinsi Bengkulu sampai dengan Tanggal 15 Mei 2018.



Share      

Berita Terkait:

06 September 2018 10:41:51 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Sosialisasi dan Penilaian Diagnostik FCP di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu
08 Agustus 2018 00:08:31 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Slogan TPA Untuk Tata Kelola Keuangan Desa yang Transparan, Profesional dan Akuntabel
25 Juli 2018 16:17:02 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Peran Aktif BPKP Kawal Terwujudnya BUMDes yang Akuntabel
10 Mei 2018 06:19:15 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Peningkatan Maturitas SPIP Dilaksanakan Secara Menyeluruh
13 April 2018 16:27:34 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Bengkulu Mendukung Kabupaten Lebong Menuju SPIP Level 3