Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Peningkatan Maturitas SPIP Dilaksanakan Secara Menyeluruh
10 Mei 2018 06:19:15 / bengkulu / dibaca: 292 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Kabupaten Bengkulu Selatan menyelenggarakan workshop dalam rangka peningkatan maturitas SPIP. Manna merupakan Ibukota kabupaten keempat diselenggarakannya workshop di lingkungan Provinsi Bengkulu.Kegiatan yang samatelah dilaksanakan pada Kabupaten Bengkulu Utara, Kepahiang, dan Lebong.

Manna – (8/5) WorkshopPercepatan Peningkatan Implementasi SPIP Menuju Level 3 Kabupaten Bengkulu Selatandilaksanakandi Aula Bappeda Kabupaten Bengkulu Selatan. Sejumlah 164 peserta menghadiri acara ini yang akan berlangsung selama dua hari hinggatanggal 09 Mei 2018. Acara ini dibuka oleh Wakil Bupati Bengkulu Selatan dan dihadiri oleh Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, Inspektur Kabupaten Bengkulu Selatan, para Kepala OPD dan Camat di lingkungan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Bram Brahmana, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) tidak dapat dilaksanakan secara parsial. SPIPharus dilaksanakan secara menyeluruh dari tingkatan paling tinggi sampai yang paling rendah. Kelima unsur SPIP yaitu Lingkungan Pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan. Pengendalian intern harus dipahami oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar peningkatan maturitas SPIP Level 3 bisa tercapai. “Risiko-risiko juga harus dikenali dan dipahami agar dapat terhindar dari dampak yang menyebabkan tujuan terhambat, atau setidaknya kita mampu untuk memperkecil dampak dalam memitigasi risiko tersebut,” jelasBapak berkacamata ini.

Bram juga menjelaskan pentingnya peran Inspektorat Daerah sebagai mitra kerja OPDdalam melakukan pengawasan. Inspektorat bisa memberikan early warning system bagi permasalahan dan kesulitan yang terjadi lingkungan Pemerintah Daerah. “Inspektorat merupakan pintu pertamadalam upayapenyelesaian masalah yangterjadi.” ujarnya. Di akhir sambutannya, beliau mengharapkan kepada Ketua DPRD Bengkulu Selatan agar mengedepankan peningkatan kualitas SDM. Untuk itu, diperlukan penambahan anggaran Inspektorat sebagai penunjang fungsi pengawasannya.

Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Yevri Sudianto, mengajak seluruh Kepala OPD bersama dengan Inspektorat untuk menindaklanjuti temuan pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) sebelum dilakukan pemeriksaan kembali pada tahun berikutnya. Hal ini ditujukan agar opini laporan keuangan Kabupaten Bengkulu Selatan mendapatkan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). “Jika WTP, Bengkulu Selatan akan mendapatkan tambahan APBD melalui dana insentif,” ujar Yevri. Yevri juga meminta kepada Inspektorat untuk mengkomunikasikan kekurangan yang masih terjadi dalam fungsi pengawasan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan kepada Komisi I DPRD.

Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, mengungkapkan bahwa pengendalian internal berasal dari dalam diri masing-masing individu. “Kita semua punya atasan, namun atasan yang paling berpengaruh adalah diri sendiri,” terangnya. Kemudian ia menjelaskan terdapat  dua ragam pengawasan utama, yaitu pengetahuan tentang hukum dan hati nurani. Pengawasan selanjutnya adalah pengawasan institusi mulai dari Eselon IV sampai dengan Bupati.

Workshopdilanjutkan dengan pemaparan tentang penilaian risiko atas kinerja indikator utama, Aplikasi Penilaian Maturitas SPIP, dan penyusunan risk register serta Rencana Tindak Pengendalian (RTP).



Share      

Berita Terkait:

18 Mei 2018 05:39:24 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kabupaten Seluma Siap Mengimplementasikan SPIP Menuju Level Tiga
13 April 2018 16:27:34 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Bengkulu Mendukung Kabupaten Lebong Menuju SPIP Level 3
06 April 2018 16:19:58 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Pengelolaan Keuangan Desa yang Baik Melalui Siskeudes bersama BPKP Bengkulu
22 Maret 2018 08:26:40 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Bengkulu Berkomitmen Meningkatkan Tata Kelola dan Sistem Pengendalian Intern pada PDAM
12 Maret 2018 08:43:23 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Workshop Reviu LKPD Berbasis Akrual bagi Inspektorat se Provinsi Bengkulu