Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Pengelolaan Keuangan Desa yang Baik Melalui Siskeudes bersama BPKP Bengkulu
06 April 2018 16:19:58 / bengkulu / dibaca: 1868 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Bengkulu-(5/4) Aplikasi Siskeudes merupakan aplikasi sederhana yang dikembangkan oleh BPKP dan Kementerian Dalam Negeri untuk membantu desa dalam pengelolaan keuangan desa. Untuk mengetahui bagaimanaimplementasi Siskeudes yangtelahditerapkan di desa, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)Perwakilan Provinsi Bengkulu menggandengPemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara menyelenggarakan workshop dengan mengangkat tema “Hasil Evaluasi Implementasi Siskeudes dalam Tatakelola Keuangan Desa”.

Kegiatan ini bertempat di Gedung Pertemuan Balai Ratu Samban yang dihadiri oleh Bupati Bengkulu Utara, Sekretaris Daerah Bengkulu Utara, Anggota DPR RI, Direktur Was PPKD Wilayah III BPKP, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Bengkulu, Korwas Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu, Camat dan Kepala Desa di Bengkulu Utara,serta Pejabat Fungsional Auditor Bidang APDBPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Bupati Bengkulu Utara, Mian memberikan sambutan sekaligus membuka acara workshop ini. Mian menyampaikan bahwa BPK, BPKP, dan Forkopimda (Forum KoordinasiPimpinan Daerah) Provinsi dan Kabupaten telahbersama-samamengawal dan memberikanpencerahan dalamrangka perbaikantatakelolakeuangan desa yangberkesinambungan. Kabupaten Bengkulu utara adalah kabupaten terluas di Bengkulu dengan 215 desa,5 kelurahan,dan19 kecamatan. Sejak dilaksanakannyaUUNomor 6 tahun 2014 tentangDesa, Pemerintah Daerah KabupatenBengkulu Utaratelahmenyediakan anggaran bagi pendidikan dan pendampinganterhadap perangkat desa. Kegiatan tersebut dilaksanakansecara efisien agar tata kelola desa semakin membaiktiap tahunnya. Semua realisasikegiatan desa yang menggunakan dana desatahun2017 telah dilaporkan melaluiaplikasi siskeudes.Aplikasi Siskeudes sangat  efektif dan efisien membantu desa dalam membuat laporan kegiatan.
Mian berharap agar kerja samaBPK, BPKP, Forkopimda Provinsidan Kabupatendapat dilaksanakan terus-menerusagar pengelolaan keuangan desaberjalan baik.

Usai sambutan dan arahan, acara dilanjutkan dengan kegiatan workshop yang dimoderatori oleh Sekretaris Daerah Bengkulu Utara, Haryadi dengan narasumber yaitu, Anggota DPR RI Anarulita Muchtar, Direktur Was PPKD Wilayah III BPKP, Iskandar Novianto, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu, Yuan Chandra Djaisin, dan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Bengkulu, Herman. Pada akhir kegiatan workshop, narasumber bersama Bupati Bengkulu Utara dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu melakukan tanya jawab dengan media.

Selanjutnya setelah menjadi narasumber di acara workshop dan kembali ke Kota Bengkulu, Anarulita Muchtar dan Iskandar Novianto mengunjungi Rumah Anggrek BPKP Bengkulu.

(Humas BPKP Bengkulu)



Share      

Berita Terkait:

16 Nopember 2018 10:49:14 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Komitmen Pemerintah Kabupaten Mukomuko dalam Meningkatkan Maturitas Level Sistem Pengedalian Intern
06 September 2018 10:41:51 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Sosialisasi dan Penilaian Diagnostik FCP di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu
08 Agustus 2018 00:08:31 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Slogan TPA Untuk Tata Kelola Keuangan Desa yang Transparan, Profesional dan Akuntabel
25 Juli 2018 16:17:02 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Peran Aktif BPKP Kawal Terwujudnya BUMDes yang Akuntabel
18 Mei 2018 05:39:24 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kabupaten Seluma Siap Mengimplementasikan SPIP Menuju Level Tiga