Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

BPKP Bengkulu Berkomitmen Meningkatkan Tata Kelola dan Sistem Pengendalian Intern pada PDAM
22 Maret 2018 08:26:40 / bengkulu / dibaca: 5194 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Bengkulu-(21/3) Tata Kelola dan Sistem Pengendalian Intern yang baik akan berdampak pada citra dan kinerja yang baik serta kepercayaan pengguna.Sadar akan hal tersebut, Perpamsi(Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) Provinsi Bengkulu menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)Perwakilan Provinsi Bengkulu menyelenggarakan workshop dengan mengangkat tema “Peningkatan Tata Kelola dan Sistem Pengendalian Intern pada PDAM se-Provinsi Bengkulu”.

 

Kegiatan ini bertempat di Aula Bencoolen 1 Hotel Santika yang dihadiri oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Direktur Pengawasan BUMD, Kasubditwas Jasa Air Minum, Korwas Bidang Akuntan Negara BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu, Direksi dan Badan Pengawas pada PDAM se-Provinsi Bengkuluserta Pejabat Fungsional Auditor Bidang Akuntan Negara BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Bonny Anang Dwijanto memberikan keynote speech sekaligus membuka acara workshop ini. Bonny Anang Dwijanto menyampaikan bahwa target kinerja PDAM secara nasional sesuai dengan target-target RPJMN dalam Perpres Nomor 2 Tahun 2015 yaitu 100% PDAM sehat dan 60% jaringan perpipaan terpasang pada tahun 2019. Beberapa kendala yang dihadapi PDAM dalam pencapaian target-target tersebut diantaranya pemerintah daerah kabupaten/kota yang belum memiliki Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM). Bonny menambahkan dengan menerapkan tata kelola seperti Government Risk Control (GRC) dan sistem pengendalian intern akan menghasilkan kinerja yang baik, sehingga akan menimbulkan image yang baik bagi perusahaan dan meningkatkan kepercayaan dari stakeholders serta pada akhirnya meningkatkan laba perusahaan.

Ketua Pengurus Daerah Perpamsi Provinsi Bengkulu, Sjobirin Hasan, dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakannya workshop adalah untuk membenahi tata kelola dan pengendalian intern PDAM mulai dari sisi pengelolaan SDM, operasional, keuangan dan kepuasan pelanggan sehingga semua PDAM di Provinsi Bengkulu dapat beroperasi dengan baik dan dapat mencapai kategori PDAM sehat. Selain itu, dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Bram Brahmana, menghargai upaya-upaya PD Perpamsi Provinsi Bengkulu dalam rangka meningkatkan tata kelola PDAM di Provinsi Bengkulu. Bram juga mengharapkan seluruh PDAM dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari acara workshop ini.

Usai sambutan dan arahan, acara dilanjutkan dengan kegiatan workshop dengan narasumber yaitu Kasubditwas Jasa Air Minum, Kurnia Sucita Sakti dan Korwas Bidang Akuntan Negara BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu, Sapto Prabowo.

(Humas BPKP Bengkulu, Rendhy-Shidqi)



Share      

Berita Terkait:

18 Mei 2018 05:39:24 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kabupaten Seluma Siap Mengimplementasikan SPIP Menuju Level Tiga
10 Mei 2018 06:19:15 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Peningkatan Maturitas SPIP Dilaksanakan Secara Menyeluruh
13 April 2018 16:27:34 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Bengkulu Mendukung Kabupaten Lebong Menuju SPIP Level 3
06 April 2018 16:19:58 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Pengelolaan Keuangan Desa yang Baik Melalui Siskeudes bersama BPKP Bengkulu
12 Maret 2018 08:43:23 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Workshop Reviu LKPD Berbasis Akrual bagi Inspektorat se Provinsi Bengkulu