Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Workshop Reviu LKPD Berbasis Akrual bagi Inspektorat se Provinsi Bengkulu
12 Maret 2018 08:43:23 / bengkulu / dibaca: 5284 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

“Peran BPKP Perwakilan Bengkulu dalam Rangka Meningkatan Kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerahdiantaranyaadalah mendorong APIP dengan melakukankegiatan workshop reviu LKPD Berbasis Akrual di lingkungan Pemda se-Provinsi Bengkulu.” tutur Bram Brahmana, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, dalam pembukaan kegiatan workshop reviu LKPD Berbasis Akrual di lingkungan Pemda se-Provinsi Bengkuludi Ruang Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi, Rabu (07/03).

Reviu atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah adalah prosedur penelusuran angka-angka, permintaan keterangan dan analitis yang harus menjadi dasar memadai bagi inspektorat untuk memberi keyakinan terbatas atas laporan keuangan bahwa tidak ada modifikasi material yang harus dilakukan atas laporan keuangan agar laporan keuangan tersebut disajikan berdasarkan Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang memadai dan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).  Dalam proses penyusunan LKPDTA 2017dengan menggunakan aplikasi SIMDA Keuangan dan SIMDA BMD, seluruhpemerintah daerah diharapkan sudah mampu mandiri.Mulai dari penginputan saldo awal, penyusunan jurnal-jurnal manual, posting jurnal, serta pengecekan atas LKPD yang telah terinput dalam aplikasi. Dalam pelaksanaan kegiatan ini lebih ditekankan pada transfer knowledge antara tim BPKP kepada tim reviuLKPD pada masing-masing pemerintah daerah.

Diikuti sebanyak 39 peserta yang berasal dari Inspektorat se Provinsi Bengkulu, kegiatan Workshop yang berlangsung selama satu hari ini dinarasumberi langsung oleh Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Sihono, dan Auditor Muda, Arpan Tauhiddin. Peserta terlihat serius mengikuti serta aktif bertanya kepada narasumber.



Share      

Berita Terkait:

18 Mei 2018 05:39:24 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kabupaten Seluma Siap Mengimplementasikan SPIP Menuju Level Tiga
10 Mei 2018 06:19:15 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Peningkatan Maturitas SPIP Dilaksanakan Secara Menyeluruh
13 April 2018 16:27:34 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Bengkulu Mendukung Kabupaten Lebong Menuju SPIP Level 3
06 April 2018 16:19:58 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Pengelolaan Keuangan Desa yang Baik Melalui Siskeudes bersama BPKP Bengkulu
22 Maret 2018 08:26:40 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Bengkulu Berkomitmen Meningkatkan Tata Kelola dan Sistem Pengendalian Intern pada PDAM