Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Bengkulu: PERESMIAN PPK BLUD PADA PUSKESMAS DI KABUPATEN KEPAHIANG
09 Nopember 2017 11:45:26 / bengkulu / dibaca: 78 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Peresmian PPK BLUD  Puskesmas di Kabupaten Kepahiang, Rabu (08/11) pagi mengambil tempat di Puskesmas Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. PPK BLUD (Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah) pada Puskesmas Ujan Mas, Puskesmas Durian Depun, Puskesmas Tebat Karai, dan Puskesmas Nanti Agung diresmikan oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid pada pukul 09.30 WIB. Kegiatan peresmian ini diawali dengan penyambutan adat sekapur sirih dan pengalungan rangkaian bunga kepada Bupati Kepahiang, Wakil Bupati Kepahiang, dan  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu serta penampilan musik doll yang kemudian dilanjutkan dengan laporan  dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang, sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu serta Bupati Kepahiang yang sekaligus meresmikan penerapan PPK BLUD kepada keempat puskesmas tersebut. Dalam kegiatan tersebut, Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Kephiang menyadari bahwa pelayanan kesehatan di Kabupaten masih belum memadai, namun salah satu cara untuk menyukseskan pelayanan kesehatan tersebut dengan mendorong Puskesmas untuk terus berkinerja baik. Salah satu buktinya dengan terpilihnya puskesmas di Kabupaten Kepahiang menjadi puskesmas terbaik  seSumbagsel yang kemudian mendapat akreditasi dan serta Kinerja BLUD terhadap 4 puskesmas tersebut. Perubahan Pola Pengelolaan Keuangan ini pada essensinya merupakan bagaimana puskesmas dapat meningkatkan pelayanan dasar yang dimiliki, karena puskesmas dapat mengatur pengelolaan keuangannya sendiri. Sehingga ke depannya masih terdapat pekerjaan yang harus dilakukan oleh puskesmas seperti peningkatan kompetensi, peningkatan standar-standar pelayanan serta perubahan/migrasi dari SAP ke SAK dalam pelaporan keuangan. Dalam sambutannya juga Bupati menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya Kepala BPKP karena telah membantu mensupervisi dalam pembentukan BLUD terhadap empat Puskesmas tersebut.

Pada kesempatan ini dalam sambutannya, Bram Brahmana selaku Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu menyampaikan rasa bangga terhadap prestasi yang sudah diraih oleh ke empat puskesmas tersebut yang didasari inisiatif dari Kepala Dinas Kabupaten Kepahiang serta ke empat puskesmas tersebut. Ke empat puskesmas ini merupakan puskesmas pertama yang juga telah terakreditasi, menerapkan PPK BLUD di Provinsi Bengkulu. Harapannya adalah ke empat puskesmas tersebut dapat menjadi contoh dari puskesmas-puskemas lain serta dapat terciptanya fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan yang akan semakin menunjang kinerja dari puskesmas itu sendiri. Selain itu PPK BLUD ini juga diharapkan dapat menjadikan pelayanan yang semakin baik, sehingga adanya peningkatan percepatan dalam pengelolaan keuangan ini yang secara langsung dapat meningkatkan kesejahteraan para stakeholder terkait.

Dalam kesempatan tersebut Bram Brahmana menyampaikan juga bahwa 100% desa di Kabupaten Kepahiang telah menerapkan Siskeudes (Sistem Keuangan Desa), sehingga diharapkan Siskeudes dapat menunjang laporan keuangan daerah. diharapkan juga agarInspektorat di Kabupaten Kepahiang dapat meningkatkan kompetensi ke level tertinggi, karena Inspektorat yang kuat akan mampu memberi kenyamanan kepada Kepala Desa sebaliknya dapat menjaga OPD ke level tertinggi. Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan SK Bupati kepada Puskesmas dan RBA dari pihak Puskesmas kepada Bupati sebagai tanda bahwa puskesmas telah siap menerapkan PPK BLUD ini yang kemudian ditutup dengan peninjauan ruangan pada Puskesmas Ujan Mas.



Share      

Berita Terkait:

09 September 2016 16:39:38 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Dapat Opini WTP, Bupati Bengkulu Tengah Berikan Penghargaan kepada BPKP Provinsi Bengkulu
26 Juli 2016 09:23:00 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Provinsi Bengkulu Bebas Narkoba
14 Juni 2016 10:27:50 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kepala Perwakilan Baru BPKP Provinsi Bengkulu
08 Juni 2016 14:54:31 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Selamat Datang di Bumi Raflessia, Pak Bram
18 Pebruari 2015 16:52:37 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Apresiasi Peran BPKP, Gubernur Harapkan BPKP Terus Kawal Program Pembangunan