Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Pembukaan Bimtek Aplikasi Siskeudes Bagi Aparatur Desa di Kabupaten Bengkulu Tengah Tahap I
05 Juli 2017 15:00:34 / bengkulu / dibaca: 1985 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu mengadakan Bimbingan Teknis Aplikasi Siskeudes Bagi Aparatur Desa Kabupaten Bengkulu Tengah Tahap I di Aula kantor Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Senin (04/07/17). Bimtek ini diadakan dua tahap selama 4 hari terhitung Senin hingga Jumat. Hal ini disebabkan banyaknya jumlah desa yang ada di kabupaten Bengkulu Tengah. Bimtek dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah, Mudzakir Hamidi yang turut dihadiri oleh Kepala DInas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa beserta Staff. 

 

Bram Brahmana, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, berkesempatan memberikan kata sambutan dalam pembukaan bimtek ini. Dalam sambutannya Bram Brahmana menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah yang telah memberikan kepercayaan kepada BPKP untuk melakukan asistensi dalam pengelolaan keuangan daerah dan juga asistensi penerapan Siskeudes.

Dalam sambutannya, Bram Brahmana mengingatkan arahan Presiden Republik Indonesia dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah (Rakornas APIP) tahun 2017 pada tanggal 18 Mei 2017 di Istana Negara, Presiden mengingatkan dana desa agar digunakan untuk membangun desa dan digunakan dengan efektif dan efisien karena jika pengelolaan tidak baik bukan mustahil para perangkat desa dapat atau berurusan dengan Aparat Penegak Hukum.

Bram menyampaikan juga bahwa, Presiden berharap para Kepala Desa dan perangkat desa memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan anggaran dan belanja desa (APB Desa). Program Aplikasi yang telah dirancang oleh BPKP dan Kementerian Dalam Negeri berupa Aplikasi Sistem Keuangan Desa atau Siskeudes harus diterapkan oleh semua desa di seluruh Indonesia sebelum akhir tahun 2017 karena aplikasi ini di design dengan sederhana dan dapat menghasilkan laporan yang dibutuhkan dalam pengelolaan keuangan desa dan diharapkan akan meningkatkan transaparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa.



Share      

Berita Terkait:

18 Mei 2018 05:39:24 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kabupaten Seluma Siap Mengimplementasikan SPIP Menuju Level Tiga
10 Mei 2018 06:19:15 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Peningkatan Maturitas SPIP Dilaksanakan Secara Menyeluruh
13 April 2018 16:27:34 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Bengkulu Mendukung Kabupaten Lebong Menuju SPIP Level 3
06 April 2018 16:19:58 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Pengelolaan Keuangan Desa yang Baik Melalui Siskeudes bersama BPKP Bengkulu
22 Maret 2018 08:26:40 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Bengkulu Berkomitmen Meningkatkan Tata Kelola dan Sistem Pengendalian Intern pada PDAM