Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berantas KKN, Pemerintah Bengkulu Tengah Gandeng Bank Bengkulu dan BPKP Melalui Kasda Online
10 Pebruari 2017 14:51:49 / bengkulu / dibaca: 1198 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Kerjasama antara Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu dengan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah terus dilakukan. Rabu (8/2) bertempat di Aula Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah, Plt. Bupati Bengkulu Tengah, Ediansyah, menandatangani kerjasama dengan Bank Bengkulu dan BPKP Provinsi Bengkulu untuk penerapan SIMDA Keuangan melalui aplikasi Kasda Online. Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Direktur Utama Bank Bengkulu beserta komisaris, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Bram Brahmana, yang didampingi oleh Koordinator Bidang Pengawasan Akuntabilitas Daerah, Fajar Hudoyo, serta Sekretaris Daerah, Otoritas Jasa Keuangan, dan SKPD di Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah yang telah memberikan kepercayaan kepada BPKP untuk melakukan asistensi dalam pengelolaan keuangan daerah, lebih khususnya dalam penerapan SIMDA Keuangan, sehingga pada hari ini dapat dilakukan kerjasama dengan Bank Bengkulu dalam rangka penerapan Kasda Online. Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Bengkulu atas dukungannya hingga dapat terlaksananya kerja sama kasda online ini.” ujar Bram Brahmana dalam sambutannya saat pembukaan acara.

Aplikasi kasda online dihadirkan dalam rangka mendukung pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme. Dengan kasda online maka tidak perlu lagi ada interaksi secara fisik atau bertemunya pihak yang melayani (DPPKAD) dengan yang dilayani (bendahara atau pihak ketiga) pada saat pembayaran dilakukan oleh DPPKAD, sehingga mengurangi risiko pemberian gratifikasi karena tidak ada interaksi antara kedua belah pihak.

Manfaat dari penerapan kasda online antara lain, bendahara dan pihak ketiga yang menerima pembayaran tidak perlu antri untuk mengambil SP2D sehingga waktunya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain, mengurangi pengembalian SP2D karena kesalahan rekening penerima, lebih mudah mengetahui saldo kas daerah, dan lebih mudah dalam melakukan rekonsiliasi dan keuntungan-keuntungan aplikasi lainnya.

Walaupun sudah menggunakan aplikasi, namun yang lebih penting yaitu integritas dan kompetensi dari pegawai yang mengoperasikan sistem ini.



Share      

Berita Terkait:

30 Mei 2017 15:00:55 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Pembentukan Satgas Investigatif Kabupaten Bengkulu Tengah
02 Pebruari 2017 14:39:33 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu kunjungi Bupati Seluma
19 Januari 2017 15:09:49 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Perkenalkan Siskeudes ke Aparatur Desa, BPKP Rangkul Mahasiswa UMB
23 Nopember 2016 15:03:54 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Susul Kabupaten lain, Mukomuko gunakan Kasda Online
17 Nopember 2016 15:06:59 / bengkulu / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Kerjasama BPKP, Bank Bengkulu, dan Pemerintah Kabupaten Kepahiang