Laporan Keuangan Berbasis Akrual, Komitmen Pemprov. Bengkulu dalam Mempertahankan Opini WTP

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Endrang, dalam sambutan pembukaan Bimtek menyatakan dengan implementasi Sistem Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu diharapkan pengelolaan keuangan semakin transparan dan akuntabel. Penyampaian pelaporan keuangan sendiri mempunyai tujuan prediktif dan prospektif, sehingga penyampaiannya harus informatif bagi pengguna laporan. Ditambahkan Endrang, Laporan Keuangan SKPD yang merupakan akhir dari pertanggungjawaban pengelolaan keuangan, seharusnya bisa menjadi tolak ukur dari penilaian kinerja Kepala SKPD.

Di saat yang sama Asisten III Pemerintah Provinsi Bengkulu, Herry Syahrial, mengharapkan Bimtek ini dapat meningkatkan kualitas SDM pengelola keuangan SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Dengan demikian,opini WTP yang sudah diraih pada TA 2011, 2012 dan 2013 dapat dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya. Diharapkan di masa yang akan datang Pemerintah Provinsi Bengkulu menjadi parameter pengelolaan keuangan yang baik di Wilayah Sumatera.

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 10 s.d 12 September 2014 di Aula Gedung Serba Guna Provinsi Bengkulu. Peserta Bimtek sebanyak 120 (seratus dua puluh) orang, terdiri dari Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK), Bendahara Pengeluaran dan Operator SIMDA Keuangan SKPD. Kegiatan Bimtek ini merupakan rangkaian acara dari Bimtek yang diselenggarakan sebelumnya, yang pesertanya terdiri dari Staf Biro Pengelolaan Keuangan, Staf Biro Umum, dan Auditor Inspektorat Provinsi Bengkulu. Penyampaian materi disampaikan oleh Narasumber dari Tim Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu. Materi yang disampaikan terdiri dari Kebijakan Akuntansi, Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah, dan implementasi SIMDA Versi 2.7 Berbasis Akrual.