Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Bengkulu: PERESMIAN PPK BLUD PADA PUSKESMAS DI KABUPATEN KEPAHIANG
09 Nopember 2017 11:45:26 / bengkulu / dibaca: 68 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Peresmian PPK BLUD  Puskesmas di Kabupaten Kepahiang, Rabu (08/11) pagi mengambil tempat di Puskesmas Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. PPK BLUD (Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah) pada Puskesmas Ujan Mas, Puskesmas Durian Depun, Puskesmas Tebat Karai, dan Puskesmas Nanti Agung diresmikan oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid pada pukul 09.30 WIB. Kegiatan peresmian ini diawali dengan penyambutan adat sekapur sirih dan pengalungan rangkaian bunga kepada Bupati Kepahiang, Wakil Bupati Kepahiang, dan  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu serta penampilan musik doll yang kemudian dilanjutkan dengan laporan  dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang, sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu serta Bupati Kepahiang yang sekaligus meresmikan penerapan PPK BLUD kepada keempat puskesmas tersebut. Dalam kegiatan tersebut, Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Kephiang menyadari bahwa pelayanan kesehatan di Kabupaten masih belum memadai, namun salah satu cara untuk menyukseskan pelayanan kesehatan tersebut dengan mendorong Puskesmas untuk terus berkinerja baik. Salah satu buktinya dengan terpilihnya puskesmas di Kabupaten Kepahiang menjadi puskesmas terbaik  seSumbagsel yang kemudian mendapat akreditasi dan serta Kinerja BLUD terhadap 4 puskesmas tersebut. Perubahan Pola Pengelolaan Keuangan ini pada essensinya merupakan bagaimana puskesmas dapat meningkatkan pelayanan dasar yang dimiliki, karena puskesmas dapat mengatur pengelolaan keuangannya sendiri. Sehingga ke depannya masih terdapat pekerjaan yang harus dilakukan oleh puskesmas seperti peningkatan kompetensi, peningkatan standar-standar pelayanan serta perubahan/migrasi dari SAP ke SAK dalam pelaporan keuangan. Dalam sambutannya juga Bupati menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya Kepala BPKP karena telah membantu mensupervisi dalam pembentukan BLUD terhadap empat Puskesmas tersebut.

WORKSHOP PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BLUD BERBASIS PSAK DI BLUD RSUD dr.M.YUNUS BENGKULU
07 Nopember 2017 11:41:23 / bengkulu / dibaca: 74 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Workshop Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan BLUD Berbasis PSAK dibuka oleh Wakil DirekturRSUD M. YunusPelayanan Medik dan Keperawatan, Ismir Fahri, Senin (06/11) bertempat di Aula Rafflesia RSUD M Yunus.Dalam pembukaan, Ismir  menyampaikan bahwa RSUD  M.Yunus telah menjadi BLUD penuh pada tahun 2009. Namun sampai saat ini belum dapat menyusun Laporan Keuangan berbasis SAK yang menjadi kewajiban RSUD sebagai BLUD, sebagaimana dalam Peraturan Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah. Workshop ini dilaksanakan dengan harapan agar pada tahun 2017 ini dapat tersusunnya laporan keuangan RSUD dr.M. Yunus berbasis SAK untuk tahunbuku 2016 dan 2017. Acara dihadiri oleh berbagai wakil dari OPD seperti BAPPEDA, Dinas Kesehatan, dan seluruh unsur pimpinan di lingkungan RSUD dr.M.Yunus Provinsi Bengkuluserta peserta workshop.

bengkulu:Workshop SIMDA Perencanaan bagi Bappeda/Balitbangda dan BKD/BPKD se Provinsi Bengkulu
02 Nopember 2017 16:41:56 / bengkulu / dibaca: 90 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Bertempat di ruang kelas Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Bram Brahmana, pagi ini (02/11) membuka kegiatan Workshop SIMDA Perencanaan bagi Bappeda/Balitbangda dan BKD/BPKD se Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini diikuti sebanyak 23 peserta yang berasal dari 5 Pemda yaitu Kab. Mukomuko, Kota Bengkulu Kab. Seluma dan Kab. Bengkulu Tengah diProvinsi Bengkulu. Kegiatan yang berlangsung selama  2hari ini diisi oleh pemateri yang berasal dari BPKP Provinsi Bengkulu, yaitu Arpan Tauhiddin, Edwin Perdana, Tony Prabowo, Akmal Arif, dan Rizki Timur Rahmawati.


Arsip Berita
Selamat Datang di Bumi Rafflesia

 

Dengan adanya Keputusan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor : KEP-653/K/SU/2010 tentang Standar Prosedur Layanan Informasi di BPKP, maka BPKP sebagai badan publik berkewajiban memberikan dan menyampaikan informasi kepada publik. Untuk memenuhi amanat tersebut kami selalu melakukan updating pada subdomain situs bpkp.go.id Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu


Situs ini telah memberikan unjuk kerja lewat kecanggihan teknologi informasi sehingga tidak disangsikan manfaatnya dalam membantu mengkomunikasikan segala kegiatan Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu dalam memberikan konstribusinya mewujudkan good governance melalui pengawasan maupun kegiatan pembinaan yang dilakukan dengan asistensi, pendampingan, bimbingan teknis pada instansi pemerintah pusat dan daerah yang ada di Provinsi Bengkulu.


Konstribusi BPKP telah dipertegas pula dengan adanya Instruksi Presiden Nomor : 1 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dimana BPKP diminta salah satunya untuk Meningkatkan pengawasan atas tata kelola (governance) percepatan Proyek Strategis Nasional. Selain informasi mengenai kegiatan tersebut, dapat dikomunikasikan juga kegiatan unit penunjang non kedinasan yaitu Dharma Wanita, Koperasi serta task force kegiatan Kelompok Budaya Kerja di Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu.


Kami membuka akses kepada stakeholders BPKP baik yang ada Provinsi Bengkulu maupun di luar Provinsi Bengkulu untuk memberikan informasi, saran, masukan bagi BPKP dalam upaya mengawal terwujudnya good governance.


Kami mengucapkan terima kasih kepada Biro Hukum dan Humas serta Pusinfowas BPKP yang telah menyediakan space dan bandwidth yang memadai untuk kami dan Tim Humas Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu yang telah membuat dan mengisi subdomain ini. Semoga subdomain Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu bermanfaat dalam memberikan konstribusi melalui kegiatan Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu dan unit penunjang bagi peningkatan kinerja BPKP.

 

Kepala Perwakilan,

              TTD

BRAM BRAHMANA

Rencana Aksi