Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bali

SPIP Mampu Tingkatan Akuntabilitas Keuangan Pemda
07 Agustus 2012 09:42:53 / bali / dibaca: 1457 kali / Kat: SPIP

Kepercayaan sangat penting sekali karena merupakan dasar utama dalam melaksanakan tugas, selain dasar hukum Keppres, peraturan pemerintah dan Undang-undang,  seperti pelaksanaan PHLN, dengan memberikan pelayanan audit yang berkualitas dan tepat waktu dan bermanfaat bagi masyarakat, itu karena kepercayaan para stakeholder yang meminta BPKP untuk melakukan audit, demikian dikatakan Deputi Perekonomian  Binsar H Simanjuntak dalam pertemuan dengan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali dengan jajarannya di Ruang Sandat Perwakilan BPKP Provinsi Bali Kamis, 2 Agustus 2012 sebelum melakukan kunjungan ke Pemda Badung.

Kunjungan ini dalam rangka piloting project SPIP yang mengambil sampel dua daerah di Wilayah Provinsi Bali yakni Pemda Badung dan Pemda Gianyar. Dalam kunjungan tersebut Binsar H Simanjuntak didampingi oleh Kepala Pusinfowas BPKP Ani Maharsi dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali Mirawati Sudjono yang disambut oleh Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Sudikerta beserta jajarannya dilingkungan Pemda Badung.


Pada kesempatan itu Binsar menekankan pentingnya peran SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) dalam meningkatkan akuntabilitas keuangan pemerintah daerah. “SPIP itu vital sekali, kalau ingin memperbaiki pengelolaan keuangan Pemda, maka perbaiki dulu pondasinya yaitu dengan SPIP, Dalam pemeriksaan BPK pun, mereka selalu menguji pengendalian internalnya dulu”, kata Binsar H Simanjuntak.


Selain itu Binsar H Simanjuntak juga mengatakan Pemda Badung yang merupakan salah satu sasaran piloting project SPIP dinilai telah melaksanakan pengendalian internal dengan baik. Salah satu indikatornya adalah keberhasilan Pemda Badung meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Wilayah Provinsi Bali, keberhasilan ini bisa dijadikan contoh bagi pemda-pemda lain untuk meningkatkan opini laporan keuangannya . Nantinya diharapkan akan dibuka kerjasama antara BPKP dan Pemda Badung untuk sosialisasi kepada Pemda-pemda lain lanjut Deputi Perekonomian BPKP.


“Kami merasa senang dengan apa yang telah dapat kami capai, dan kami satu-satunya pemda yang meraih WTP di Provinsi Bali, meski begitu sebenarnya kami merasa sungkan jika ditunjuk sebagai teladan bagi Pemda lain, namun jika BPKP yang meminta, kami akan sambut dengan senang hati”, tegas Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta.


Dalam kesempatan itu pula Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada BPKP atas kerjasama selama ini, sehingga Pemda Badung mampu meraih opini tertinggi tersebut, meski demikian Wakil Bupati juga menyadari masih banyak yang harus diperbaiki dan kedepannya minimal adalah dapat mempertahankannya, karena mempertahankan lebih berat daripada meraih, kata Wakil Bupati.


Setelah kunjungan menemui Wakil Bupati, Deputi Perekonomian BPKP bersama rombongan juga menyempatkan bertemu dengan jajaran Dinas Kesehatan yang merupakan sampel SKPD kegiatan piloting project SPIP tersebut, dan dalam kesempatan itu Binsar H Simanjuntak juga kembali mengingatkan pentingnya SPIP dijalankan di semua level manajemen terutama majemen di tingkat bawah Pemda yakni tingkat SKPD.


Seketariat Humas Bali



Share      

Berita Terkait:

13 Nopember 2013 11:36:37 / bali / dibaca: kali / Kat: SPIP
Optimalkan Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Denpasar Selenggarakan Diklat SPIP
09 Juli 2013 15:10:37 / bali / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pemkab Tabanan Bersama BPKP Sosialisasikan SPIP
24 Juni 2013 16:46:42 / bali / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bersama BPKP, Pemkab Buleleng Gelar Sosialisasi SPIP
11 Juni 2013 07:46:30 / bali / dibaca: kali / Kat: SPIP
Closing kegiatan Percontohan Implementasi SPIP pada Kabupaten Badung dan Gianyar
04 Juni 2013 09:54:52 / bali / dibaca: kali / Kat: SPIP
Perwakilan BPKP Provinsi Bali Adakan Sosialisasi SPIP di Pemda Gianyar


PROFILE
Kata pengantar
Visi Dan Misi dan Aturan Pemeriksa
Wilayah pengawasan
SDM
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Tugas dan Fungsi
Sejarah Singkat
Pengumuman Lelang - Baru
Pengadaan Barang dan Jasa
Revisi Pengadaan Barang dan Jasa
Program dan Kegiatan Bali
Rencana
Capaian
Produk dan Layanan
Profile Bali di unggah Youtube Mau lihat tinggal Klik

 

Kolom Download
LAKIP 2013
 
LRA 2012
TAPKIN 2014
 
 
 
 
 
 
Foto Galeri
Galeri Foto

 

 
KONTAK KAMI
KANTOR PERWAKILAN BPKP
PROVINSI BALI

Jl. Kapten Tantular, Denpasar 80235
Telp. (0361) 243532
Fax. (0361) 246771

Email :bali@bpkp.go.id dan
Humas.Bali@bpkp.go.id
Saran dan Kritik
            Daftar Informasi
            Keluhan Layanan
            Permintaan Informasi
 
 
 
ke awal
Kembali ke Halaman Awal