Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Aparatur Pemerintah Daerah Se – Provinsi Bali Ikuti Diklat SPIP
30 April 2012 16:00:24 / bali / dibaca: 2083 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Sebanyak 30 orang pegawai Aparatur Pemerintah Daerah se – Provinsi Bali sejak Senin, 30 April 2012 hingga lima hari ke depan dijadwalkan akan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Diklat SPIP tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Tata Usaha BPKP Bali, Widhi Sutikno pada pagi tadi di Gedung Diklat BPKP Bali, Jalan H.O.S. Cokroaminoto, Denpasar, Bali.
 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali, Abd. Rachman Datjong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Bagian Tata Usaha BPKP Bali, Widhi Sutikno mengatakan, bahwa tugas aparatur pemerintah daerah ke depan semakin berat dan luas. Hal tersebut seiring dengan semakin besarnya dana yang dikelola oleh pemerintah daerah, baik dana yang berasal dari pemerintah pusat maupun dana yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah. Kondisi tersebut tentunya harus didukung dengan akuntabilitas keuangan daerah yang berkualitas dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dan oleh karena itu maka diperlukan adanya komitmen dari pimpinan untuk menerapkan pengendalian intern yang baik dalam pengelolaan keuangan daerah.


Ditegaskan oleh Abd. Rachman Datjong, bahwa upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah bukanlah tugas yang mudah, karena hal itu menyangkut sejumlah aspek berupa sistem dan sumber daya manusia. Dari sudut sistem maka dengan penerapan Sistem Pengendalian Intern yang baik diharapkan dapat mendeteksi risiko – risiko dan sekaligus meminimalisasi kegagalan dalam rangka pencapaian tujuan serta meminimalisasi risiko terhadap terjadinya penyimpangan. Sedangkan dari sudut sumber daya manusia maka dengan pengelolaan sumber daya manusia yang baik diharapkan bisa menciptakan lingkungan kerja yang memacu semangat kerja, tanggung jawab, integritas yang tinggi serta mampu mencegah niat untuk melakukan penyimpangan. Kedua hal tersebut apabila diramu secara harmonis niscaya upaya untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan daerah akan dapat terwujud. Demikian tegas Abd. Rachman Datjong.


Dalam kesempatan tersebut Abd. Rachman Datjong mengatakan bahwa terdapat perbedaan yang sangat mendasar antara Sistem Pengendalian Intern yang berlaku di masa lalu dengan SPIP yang berlaku saat ini. Menurutnya, selama ini penekanan Sistem Pengendalian Intern hanya mengedepankan pada unsur hard control dan bukan pada unsur soft control atau aspek manusianya. Penekanan Sistem Pengendalian Intern yang mengedepankan unsur hard control ternyata tidak mampu memerangi permasalahan tindak pidana korupsi dan bentuk – bentuk penyimpangan lainnya, sehingga unsur soft control perlu mendapat perhatian serius dalam rangka mendorong tingkat kesadaran yang tinggi untuk tidak berbuat atau melakukan sesuatu yang merugikan bangsa dan negara. Demikian tegas Abd. Rachman Datjong di akhir sambutannya.


Diklat SPIP bagi para aparatur pemerintah daerah tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, keahlian maupun sikap kepribadian dan etika serta untuk meningkatkan profesionalisme para aparatur dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kegiatan umum pemerintahan dan pembangunan, sehingga pelaksanaan tugas pokok dan fungsi tersebut dapat berjalan secara efisien, efektif dan sesuai dengan kebijakan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Dan untuk mengetahui dan memahami SPIP, maka kepada para peserta Diklat SPIP yang diantaranya berasal dari Inspektorat Kabupaten/Kota tersebut diharapkan banyak melakukan diskusi dan mengupas lebih jauh terhadap penerapan SPIP dengan pendekatan kultural atau budaya sehingga penerapan dari SPIP bisa lebih membumi.


Seketariat Humas Bali



Share      

Berita Terkait:

20 Pebruari 2014 14:34:22 / bali / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan Kapabiltas Audtor menjadi Agen Perubahan
14 Pebruari 2014 16:25:49 / bali / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Meningkatan Kompetensi APIP dengan Diklat Auditor Ahli
16 Desember 2013 08:00:58 / bali / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Membentuk Renstra SKPD Gianyar Yang Selaras
16 September 2013 13:16:39 / bali / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pemberdayaan SDM APIP dengan diklat Reviu Laporan Keuangan
31 Juli 2013 14:02:17 / bali / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Ujian Masuk Calon Mahasiswa STAR Project


PROFILE
Kata pengantar
Visi Dan Misi dan Aturan Pemeriksa
Wilayah pengawasan
SDM
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Tugas dan Fungsi
Sejarah Singkat
Pengumuman Lelang - Baru
Pengadaan Barang dan Jasa
Revisi Pengadaan Barang dan Jasa
Program dan Kegiatan Bali
Rencana
Capaian
Produk dan Layanan
Profile Bali di unggah Youtube Mau lihat tinggal Klik
Kolom Download
LAKIP 2013
 
LRA 2013
TAPKIN 2014
 
 

 

Foto Galeri
Galeri Foto
 
KONTAK KAMI
KANTOR PERWAKILAN BPKP
PROVINSI BALI

Jl. Kapten Tantular, Denpasar 80235
Telp. (0361) 243532
Fax. (0361) 246771

Email :bali@bpkp.go.id dan
Humas.Bali@bpkp.go.id
Saran dan Kritik
            Daftar Informasi
            Keluhan Layanan
            Permintaan Informasi
ke awal
Kembali ke Halaman Awal