Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Berbagi Pengetahuan dengan menjadi Duta Knowlodge Management System
02 Nopember 2018 07:47:26 / bali / dibaca: 1746 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Untuk mewujudkan berbagi pengetahuan yang bermutu yang dimiliki oleh masing-masing pegawai di BPKP sehingga bisa dijadikan asset milik BPKP serta dapat diakses setiap saat oleh setiap orang, artinya pengetahuan yang diperlukan pegawai, dan telah tersedia, maka Puslitbangwas BPKP mengadakan forum Duta Knowledge Management System di Aula Jempiring, Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Bali (26/10). Kegiatan Forum dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan (Puslitbangwas) BPKP Sudiro secara simbolis dengan ketukan palu yang didampingi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali Ari Dwikora Tono serta dihadiri sekitar 120 orang lebih dari seluruh Perwakilan dan Pusat. Kegiatan Forum berlangsung selama dua hari dari tanggal  25 Oktober sampai dengan 26 Oktober 2018.

Description: http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/bali/images/Duta_KMS.gifKepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali dalam sambutan ucapan selamat datangnya mengatakan terima kasih kepada Pulitbangwas yang telah memilih BPKP Bali untuk kegiatan KMS ini, dan berharap bisa memperoleh manfaat yang dapat meningkatkan sharing pengetahuan kita di BPKP.

Kapuslitbangwas BPKP Sudiro dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa KMS sudah ada sejak lama, untuk saat ini yang diperlukan adalah mengelolanya dengan lebih baik sehingga meningkatkan kegunaanya dan bisa menjadi wadah untuk menimba ilmu bagi pegawai BPKP. Peserta yang hadir disini diharapkan bisa menjadi pionir untuk itu diperlukan suatu peraturan dalam pelaksanaannya dan masih dalam proses pembuatan.

Pengetahuan adalah aset yang sangat berharga bagi setiap orang atau instansi dan perusahaan, semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, akan membuat seseorang atau kelompok atau instansi atau perusahaan tersebut menjadi semakin maju. Pengetahuan tersebut dapat diakses tidak hanya ketika berada di kantor namun juga dapat diakses dari lokasi lain bahkan ketika sedang dalam perjalanan.

Kegiatan selanjutnya adalah forum diskusi yang menghadirkan narasumber dari PT Telkom, Agung Sutanto yang memaparkan integrated learning cycle dan integrated learning management system. “Kesuksesan Knowledge Management ditentukan oleh faktor Learing policies, learner alteration, content dan infrastructure. Sekarang dan ke depan 80% pembelajaran disampaikan tanpa instruktur, pembelajaran melalui guru hanya 10%, melalui coaching/mentroring 20%, dan 70% belajar di tempat kerja di sini peran KMS yang sangat menentukan” ujar Agung Sutanto.

Selanjutnya pemaparan dari narasumber Ikeu dan Suri yang menjelaskan tentang konsep dan peran KMS di BPKP. Secara garis besar KMS adalah wadah kita untuk capturing, storing, sharing, utilitity pengetahuan untuk menjadikan organisasi lebih baik. Unsur pengembangan KMS adalah teknologi (10%), proses (20%), dan orang (70%). “Jadi kita fokus pada pengembangan orang untuk mengembangkan KMS” jelas Ikeu.

Forum di hari kedua menampilkan narasumber Bruno Laporte dari Word Bank yang memaparkan tentang Art Of Knowledge Exchange serta Experience dan Knowledge Capturing. Bruno menjelaskan dan mengajak peserta berdiskusi bagaimana pentingnya berbagi pengetahuan itu.

Kegiatan forum ditutup oleh Sekretaris Utama BPKP, Dadang Kurnia dengan pengukuhan dan pelantikan Duta KMS yang ditandai dengan Pembacaan dan penandatangan Pernyataan Bersama Duta KMS.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Utama berharap para peserta bisa menjalankan tugas menjadi Duta KMS seperti dalam pernyataan bersama yang telah ditandatangi sebagai pegangan di unit kerja masing-masing. Sebagaimana kita ketahui bersama, BPKP sudah menjadi pusat sharing Knowledge dalam mendorong peningkatan kualitas akuntabitas keuangan-keuangan daerah, bagaimana peran kita menjadi mitra sebagai tempat bertanya sharing knowledge yang kita kembangkan bagi stakeholder, bahkan telah menjadi perhatian di aspek regional. “Knowledge yang kita sharing haruslah berdasarkan kompetensi latar belakang dibidang yang sesuai dengan yang kita kuasai, seperti internal control dan internal auditor, itulah yang harus kita kembangkan sehingga menjadi melembaga, “ tegas Dadang Kurnia.

Dadang Kurnia berharap agar para duta KMS bisa meng-capture knowledge- knowledge yang dimiliki oleh senior-senior maupun junior-junior, siapapun bisa mengembangkan knowledge yang penting orangnya tekun dan passion disitu. Knowledge yang di-capture tersebut bisa menjadi institusion knowledge, sehingga menjadi milik BPKP, jangan sampai pengetahuan yang dimiliki tersebut apabila pegawai yang bersangkutan sudah pensiun, pengetahuannya ikut pergi juga. (AS)



Share      

Berita Terkait:

19 Oktober 2018 16:19:09 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kunjungan Delegasi Gubernur Kenya ke Pemerintah Provinsi Bali dan BPKP Bali
18 Oktober 2018 15:21:24 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kunjungan Delegasi Dari World Bank Ke Kabupaten Badung
03 Oktober 2018 16:07:09 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kaper BPKP Bali sebagai Keynote Speech di Seminar Nasional dan Pengukuhan Gelar PIA AAI
21 Mei 2018 14:02:31 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Seminar Pengelolaan Keuangan Desa dengan Siskeudes di UNUD
25 Pebruari 2016 14:27:53 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Pastika Minta BPKP Jadi Mitra Pemprov Bali dan Kawal Keuangan Pemda


PROFILE
Kata pengantar
Visi Dan Misi
Wilayah Pengawasan
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tupoksi
PRODUK DAN LAYANAN
Simda
Siskeudes
Good Corporate Governance
Kalender Diklat
GALERI
Foto Kegiatan
Wisata
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Informasi Setiap Saat
Informasi Serta Merta
Informasi Berkala
Permohonan Informasi
Profile Bali di unggah Youtube Mau lihat tinggal Klik

 

Foto Galeri
Galeri Foto

 

 
KONTAK KAMI
KANTOR PERWAKILAN BPKP
PROVINSI BALI

Jl. Kapten Tantular, Denpasar 80226
Telp. (0361) 246772
Fax. (0361) 246771

Email :bali@bpkp.go.id dan
Humas.Bali@bpkp.go.id
Saran dan Kritik
            Daftar Informasi
            Keluhan Layanan
            Permintaan Informasi

 

ke awal
Kembali ke Halaman Awal
 
 
Link Media Online di Bali Link Pemda di Bali Link Terkait