Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Kunjungan Delegasi Dari World Bank Ke Kabupaten Badung
18 Oktober 2018 15:21:24 / bali / dibaca: 2067 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Kabupaten Badung dikunjungi oleh delagasi Fourth High Level Meeting on Country Led Knowledge Sharing (HLM4) sebagai kelanjutan acara Annual Meeting International Monetary Fund and World Bank Group Tahun 2018 di Bali. Kedatangan delegasi disambut oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wakil Bupati I Ketut Suiasa beserta seluruh jajarannya dan Ketua DPRD Badung. Delegasi disambut dengan kalungan  bunga dilanjutkan dengan tarian Sekar Jepun

Description: http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/bali/images/Siskeudes-Karangasem.gifDalam sambutannya Ibu Novira dari WB yang mewakili delegasi HLM4 menyampaikan bahwa delegasi mewakili 250 peserta dari 40 negara. Adapun yang ikut dalam kunjungan ke Kabupaten Badung sebanyak 27 orang dimana 7 orang diantaranya adalah dari negara Kenya yang ingin belajar tentang governance di Kabupaten Badung.

Ibu Novira menyampaikan bahwa tujuan kunjungan delegasi pertama adalah, untuk belajar dari Kabupaten Badung dan BPKP tentang bagaimana ilmu/pengetahuan yang disampaikan oleh BPKP tentang Sistem Pengendalian Intern, Penguatan Kapabilitas APIP serta SIMDA dan SISKEUDES dapat diterima dan diterapkan atau diimplementasikan dan dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Kab. Badung. Kedua, delegasi juga ingin melihat implementasi dan manfaat Dana Alokasi Khusus (DAK) infrastruktur berupa pembangunan pipa distribusi air bersih ke rumah-rumah pendududuk di Desa Sading dimana BPKP telah melakukan audit verification di Kabupaten Badung dan implemntasi SISKEUDES yang ada di Desa Mengwi.

Dalam sambutannya Bupati Badung menyampaikan Enam Prinsip Dasar Pembangunan Berkelanjutan (Six Basic Principles of Substainable Development) di Kab. Badung serta lima Inovasi Program Pembangunan Daerah yang dituangkan dalam RKPD 2018 yang merupakan penjabaran dari RPJMD Semesta Berencana 2016-2021. Lima inovasi tersebut adalah pertama, sandang pangan dan papan, kedua Kesehatan dan Pendidikan, ketiga Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan, keempat Adat agama dan Budaya serta kelima Pariwisata. Inti dalam sambutan Bupati Badung adalah menyampaikan capaian –capaian keberhasilan Pemkab. Badung dalam melaksanakan pembangunan serta mensejahterakan masyarakat. Dalam akhir sambutannya Bupati Badung juga menyampaikan terima kasih kepada BPKP perwakilan Provinsi Bali yang telah banyak membantu Pemkab. Badung dalam kegiatan pendampingan, bimbingan teknis serta melakukan evaluasi kepada jajaran OPD sehingga tata kelola Pemerintah Kab. Badung menjadi baik.

Acara dilanjutkan diskusi panel antara delegasi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Badung yang dipimpin langsung oleh Bupati yang didampingi Ibu Bea Rejeki Tirtadewi Direktur Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah II Serta Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali Ari Dwikora Tono.

Dalam diskusi tersebut Kepala Perwakilan BPKP juga menyampaikan peran BPKP Perwakilan Bali dalam membantu Pemkab. Badung dalam meningkatkan kapabilitas APIP sehingga dapat mencapai Level 3.

Dalam kunjungan lapangan di Desa Sading delegasi meninjau implementasi pembangunan infrastruktur perpipaan distribusi air bersih. Rombongan diterima di Balai Banjar Nagari Desa sading. Di situ dilakukan dialog langsung dengan pemangku kepentingan proyek perpipaan tersebut diantaranya, Kepala Desa Sading, Direksi PDAM Badung serta masyarakat desa penerima/pemanfaat proyek perpipaan air bersih.

Selanjutnya rombongan mengunjungi Desa Mengwi untuk melihat langsung implementasi SISKEUDES. Kepala Desa Mengwi di depan delegasi menjelaskan implementasi dan manfaat SISKEUDES dalam membantu pemerintah desa menatausahakan keuangannya dan melaporkan akuntabiltas keuangan desa. Inspektur Kab. Badung Luh Suryaniti juga menjelaskan pentingnya SISKEUDES dan telah diterapkannya di seluruh Desa di wilayah Kabupaten Badung. Dalam menjawab pertanyaan delegasi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali Ari Dwikora Tono menyampaikan bahwa SISKEUDES tidak hanya dipakai di wilayah Kab. Badung saja, tetapi juga diimplentasikan di seluruh Indonesia.

Delegasi selanjutnya mengunjungi tempat wisata yang letaknya bersebelahan dengan kantor Desa (Perbekel) Mengwi yaitu Taman Ayun. Delegasi disambut oleh Anak Agung Gde Agung Raja Mengwi (yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Badung). Delegasi dengan diantar Raja Mengwi berkeliling melihat Pura dan kolam di area Taman Ayun. Selanjutnya delegasi kembali ke Hotel.



Share      

Berita Terkait:

02 Nopember 2018 07:47:26 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Berbagi Pengetahuan dengan menjadi Duta Knowlodge Management System
19 Oktober 2018 16:19:09 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kunjungan Delegasi Gubernur Kenya ke Pemerintah Provinsi Bali dan BPKP Bali
03 Oktober 2018 16:07:09 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kaper BPKP Bali sebagai Keynote Speech di Seminar Nasional dan Pengukuhan Gelar PIA AAI
21 Mei 2018 14:02:31 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Seminar Pengelolaan Keuangan Desa dengan Siskeudes di UNUD
25 Pebruari 2016 14:27:53 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Pastika Minta BPKP Jadi Mitra Pemprov Bali dan Kawal Keuangan Pemda


PROFILE
Kata pengantar
Visi Dan Misi
Wilayah Pengawasan
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tupoksi
PRODUK DAN LAYANAN
Simda
Siskeudes
Good Corporate Governance
Kalender Diklat
GALERI
Foto Kegiatan
Wisata
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Informasi Setiap Saat
Informasi Serta Merta
Informasi Berkala
Permohonan Informasi
Profile Bali di unggah Youtube Mau lihat tinggal Klik

 

Foto Galeri
Galeri Foto

 

 
KONTAK KAMI
KANTOR PERWAKILAN BPKP
PROVINSI BALI

Jl. Kapten Tantular, Denpasar 80226
Telp. (0361) 246772
Fax. (0361) 246771

Email :bali@bpkp.go.id dan
Humas.Bali@bpkp.go.id
Saran dan Kritik
            Daftar Informasi
            Keluhan Layanan
            Permintaan Informasi

 

ke awal
Kembali ke Halaman Awal
 
 
Link Media Online di Bali Link Pemda di Bali Link Terkait