Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Wujudkan Tata Kelola Keuangan Desa yang efisien, efektif, terbuka Dengan Siskeudes
15 Agustus 2018 16:19:49 / bali / dibaca: 1090 kali / Kat: Evaluasi

Dalam upaya untuk mengimplementasikan pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi siskeudes, Pemkab Tabanan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, sudah mengimplementasikan pengelolan Keuangan Desa berbasis Siskeudes.  Dengan melaksanakan bimbingan teknis bagi Sekretaris Desa, Bendahara serta Operator Siskeudes sejak tahun 2017 di 133 Desa di Tabanan, demikian sambutan Bupati Tabanan Ni Putu EKa Wiryastuti yang dibacakan oleh Wakil Bupati I Komang Gede Sanjaya dalam acara pembukaan Workshop Implementasi Tata Kelola Keuangan Desa berbasis aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di Gedung Mandala Mathika Subak Sanggulan Tabanan (8/8).

Description: http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/bali/images/Siskeudes-Karangasem.gifBekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan, Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinis Bali, menyelenggarakan Workshop Implementasi Tata Kelola Keuangan Desa berbasis Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang diikuti oleh 162 orang peserta dari SKPD, Camat, Perbekel dan operator Siskeudes. Hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber Anggota Komisi XI DPR-RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, Perwakilan BPK Provinsi Bali I Gusti Ngurah Satria Perwira, Kepala Sub Bidang Pengendalian Keuangan Polda Bali AKBP Ida Ayu Wikarniti serta Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Keuangan Daerah, Gatot Darmasto. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali, Ari Dwikora Tono dan jajarannya

Dengan adanya workshop ini diharapkan perbekel dan perangkat desa mampu memahami substansi materi regulasi, mewujudkan tata kelola keuangan desa secara transparan, akuntabel dan partisipatif. “Serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran serta dapat menciptakan pemerintahan desa yang profesional, efisien, efektif, terbuka dan bertanggung jawab,” ujar Wabup Sanjaya.

Dalam akhir sambutannya Wabup berharap seluruh peserta dapat mengikuti workshop dengan baik dan tentunya dapat mengimplementasikan maksud dan tujuan workshop ini secara konsisten sesuai dengan tuntutan undang undang desa.

Dalam diskusi panel yang dimoderatori oleh Asisten III Pemkab Tabanan, Anggota Komisi XI DPR-RI I Gusti Agung Rai Wirajaya dalam paparanya mengatakan bahwa Pembangunan Desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

“Pembangunan Desa dilaksanakan sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Desa, dengan melibatkan seluruh masyarakat Desa dengan semangat gotong royong dan dilakukan dengan memanfaatkan kearifan lokal dan sumber daya alam Desa”, tutup Wirajaya.

Dalam paparannya I Gusti Ngurah Satria Perwira, Plt Perwakilan BPK Provinsi Bali mengatakan bahwa Salah satu aspek penting dalam pelaksanaan Dana Desa adalah penyaluran Dana Desa dari APBN ke Pemerintah Desa. “Walaupun Dana Desa merupakan hak pemerintah desa, namun dalam pelaksanaannya penyaluran Dana Desa tetap melibatkan peran dan fungsi Pemerintah kabupaten/kota sesuai dengan kewenangannya”, terang Ngurah Satria.

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Keuangan Daerah Gatot Darmasto mengungkapkan bahwa aplikasi Siskeudes memilki banyak manfaat diantaranya adalah kemudahan penggunaan aplikasi, memudahkan tata kelola keuangan desa, berkesinambungan, built internal control, serta didukung dengan petunjuk pelaksanaan implementasi dan manual aplikasi.

“Aplikasi ini juga sesuai dengan regulasi yang berlaku dan dapat menatausahakan seluruh sumber yang dikelola oleh desa. Untuk output aplikasinya antara lain seperti RPJM Desa dan RKP Desa, APB Desa, Buku atau dokumen penata usahaan keuangan desa, laporan realisasi ADD, Laporan Kekayaan Milik Desa dan lain-lain,” jelas Gatot Darmasto.

Ida Ayu Wikarniti yang mewakili Polda Bali dalam paparanya mengatakan bahwa peran Polri dalam pengelolaan Dana Desa ini adalah dalam bidang pencegahan dan penanganan masalah. Dalam pencegahan, Polri melakukan pengawalan dan pembinaan serta memperkuat sinergi tiga pilar (Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa) dengan masyarakat dalam pengawalan bersama pengelolaan Dana Desa, sedangkan dalam fasilitas penanganan masalah dan penegakan hukum terhadap pengelolaan Dana Desa adalah menerima laporan masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan Dana Desa selanjutnya berkoordinasi dengan APIP guna mengambil langkah selanjutnya, dan jika ditemukan terdapat indikasi dan bukti permulaan terjadinya tindak pidana maka ditindaklanjuti melalui penegakan hukum berdasarkan rekomendasi dari APIP Kabupaten/Kota kecuali tertangkap tangan.

Kegiatan Workshop Evaluasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes diakhiri dengan sesi tanya jawab (AS)



Share      

Berita Terkait:

25 Maret 2019 16:50:54 / bali / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Kelola Keuangan Desa yang transparan dan akuntabel dengan Aplikasi Siskeudes versi 2.0
23 Juli 2018 07:50:48 / bali / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Jembrana Kedua Terbaik Se Indonesia Terapkan Dana Desa
17 Mei 2018 08:29:02 / bali / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Mendorong Kemandirian Masyarakat Pedesaan dengan Siskeudes
15 Mei 2018 16:12:17 / bali / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Kelola Keuangan Desa yang Transparan dan Akuntabilitas Dengan Siskeudes
30 April 2018 09:04:52 / bali / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Atasi Keterbatasan SDM dan Perangkat Desa dengan Aplikasi Siskeudes


PROFILE
Kata pengantar
Visi Dan Misi
Wilayah Pengawasan
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tupoksi
PRODUK DAN LAYANAN
Simda
Siskeudes
Good Corporate Governance
Kalender Diklat
GALERI
Foto Kegiatan
Wisata
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Informasi Setiap Saat
Informasi Serta Merta
Informasi Berkala
Permohonan Informasi
Profile Bali di unggah Youtube Mau lihat tinggal Klik

 

Foto Galeri
Galeri Foto

 

 
KONTAK KAMI
KANTOR PERWAKILAN BPKP
PROVINSI BALI

Jl. Kapten Tantular, Denpasar 80226
Telp. (0361) 246772
Fax. (0361) 246771

Email :bali@bpkp.go.id dan
Humas.Bali@bpkp.go.id
Saran dan Kritik
            Daftar Informasi
            Keluhan Layanan
            Permintaan Informasi

 

ke awal
Kembali ke Halaman Awal
 
 
Link Media Online di Bali Link Pemda di Bali Link Terkait