Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Seminar Pengelolaan Keuangan Desa dengan Siskeudes di UNUD
21 Mei 2018 14:02:31 / bali / dibaca: 687 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Para alumni program State Accountability Revitalization (STAR) yang tergabung dalam keluarga besar IKA STAR pada hari Rabu(9/5/18) di  Aula Gedung BM Lantai IV Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, mengadakan seminar nasional dengan tema Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Desa yang Akuntabel dan Transparan, diikuti oleh 124 orang peserta yang berasal dari alumni Star Universitas Udayana, alumni Star Universitas Tadulako (Palu), Universitas Pattimura Ambon, Universitas Indonesia, BPKP, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama, Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota di Provinsi Bali, serta 7 orang undangan dari Dinas PMD Provinsi Bali.

Description: http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/bali/images/seminar-siskeudes.gifWakil Rektor 1, I Nyoman Gede Antara dalam sambutan sekaligus membuka seminar Nasional sangat mengapresiasi IKA STAR Bali yang umurnya baru dua tahun namun sudah bisa melaksanakan kegiatan seminar, dan berharap untuk ke depannya IKA STAR Bali dapat lebih meningkatkan perannya terutama dalam transfer knowledge untuk pemerintah Desa, menguatkan jaringan dan pertukaran informasi dan komunikasi sesama alumni STAR BPKP serta ikut berperan aktif mengawal dan menciptakan pengelolaan keuangan desa yang akuntabel dan transparan.

I Nyoman Mahaendra Yasa, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNUD sekaligus sebagai Keynote Speaker mengungkapkan bahwa, seminar ini diharapkan dapat mencari solusi bagaimana caranya agar dapat membangkitkan peran dana desa dalam ekonomi makro, dan mencari isu-isu strategis yang harus segera dapat diselesaikan pada desa yang akan menjadi muara dalam pengelolaan dana desa, sehingga jangan sampai terjadi disparitas antara wilayah pedesaan dan perkotaan yang disebabkan permasalahan perencanaan pada kinerja pengelolaan keuangan desa.

Acara selanjutnya adalah diskusi panel, dimoderatori oleh Ketua Umum IKA STAR, M. Panjiwinata. Narasumber I Wayan Suartana, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dalam paparannya mengatakan bahwa sejak dana desa digulirkan, berbagai model kewirausahaan sosial berbasis BUMDes muncul dan berkembang, diibaratkan seperti Desa silicon dimana masyarakatnya melek teknologi informasi dan memberikan kekuatan pada individu untuk bertahan terhadap gempuran otomasi dan perubahan dalam cara kerja, namun demikian seluruh aktivitas dan kegiatan pengelolaan dana desa terdokumentasi dan terpantau, dengan menempatkan masyarakat sebagai kontrolernya, memantau progres usulan sampai pelaporan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Provinsi Bali, Ketut Lihadnyana dalam paparannya mengenai materi Kebijakan Dana Desa di Provinsi Bali, mengatakan bahwa arah dan pokok-pokok kebijakan dana desa 2018 adalah menyempurnakan formula pengalokasian Dana Desa melalui penyesuaian proporsi dana yang dibagi rata (alokasi dasar) dan dana yang dibagi berdasarkan formula (alokasi formula), serta memberikan afirmasi pada desa tertinggal dan sangat tertinggal yang mempunyai jumlah penduduk miskin tinggi.

Pada kesempatan itu, Ketut Lihadnyana juga mengatakan bahwa prioritas penggunaan Dana Desa pada Bidang Pembangunan Desa tahun 2018, diarahkan untuk Pengadaan, Pembangunan, Pengembangan, dan Pemeliharaan Pemerintah Desa yang mengutamakan pelaksanaan pembangunan secara swakelola dengan mendayagunakan sumber daya lokal, memperluas kesempatan kerja bagi warga setempat dan difokuskan untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang bersifat padat karya dengan alokasi minimal 30% dari nilai pekerjaan pembangunan di Desa. “Prioritas penggunaaan Dana Desa wajib dipublikasikan oleh Pemerintah Desa kepada masyarakat Desa di ruang publik yang dapat diakses masyarakat Desa”, jelas Kepala Dinas PMD.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali Ari Dwikora Tono, dalam paparannya mengatakan bahwa kontribusi BPKP dalam rangka pengawalan Preventif akuntabilitas pengelolaan keuangan desa adalah selain memberikan aplikasi Siskeudes dan SIA BUMDes secara gratis, masing-masing unit Perwakilan berkewajiban memfasilitasi peningkatan kompetensi SDM Pemda dan Desa dengan memberikan Bimtek dan konsultasi pengelolaan Dana Desa dan BumDes. Aplikasi Siskeudes dibuat sesuai dengan regulasi yang berlaku, memudahkan dalam tatakelola keuangan desa yang menatausahakan seluruh sumber dana yang dikelola oleh desa. “Output yang diperoleh dalam siskeudes meliputi RPJM Desa, RKP Desa, APBDes , laporan realisasi APBDes, laporan realisasi per sumber dana desa serta laporan kompilasi di tingkat Pemda” jelas Ari Dwikora Tono.

Setelah penyampaian materi dari ketiga narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan penyampaian cenderamata kepada para narasumber.(AS).



Share      

Berita Terkait:

03 Oktober 2018 16:07:09 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kaper BPKP Bali sebagai Keynote Speech di Seminar Nasional dan Pengukuhan Gelar PIA AAI
25 Pebruari 2016 14:27:53 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Pastika Minta BPKP Jadi Mitra Pemprov Bali dan Kawal Keuangan Pemda
12 Pebruari 2016 12:06:32 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pencanangan Penggunaan dan Pemanfaatan Energy melalui Bali Clean Energy Forum (BDEF)
15 Desember 2015 14:38:54 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Impounding Waduk Titab Mengawali Pemanfaatan Bagi Kesejahteraan Rakyat
16 Nopember 2015 16:01:21 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Sesma BPKP: Komunikasi Perlu Dikelola


PROFILE
Kata pengantar
Visi Dan Misi
Wilayah Pengawasan
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tupoksi
PRODUK DAN LAYANAN
Simda
Siskeudes
Good Corporate Governance
Kalender Diklat
GALERI
Foto Kegiatan
Wisata
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Informasi Setiap Saat
Informasi Serta Merta
Informasi Berkala
Permohonan Informasi
Profile Bali di unggah Youtube Mau lihat tinggal Klik

 

Foto Galeri
Galeri Foto

 

 
KONTAK KAMI
KANTOR PERWAKILAN BPKP
PROVINSI BALI

Jl. Kapten Tantular, Denpasar 80226
Telp. (0361) 246772
Fax. (0361) 246771

Email :bali@bpkp.go.id dan
Humas.Bali@bpkp.go.id
Saran dan Kritik
            Daftar Informasi
            Keluhan Layanan
            Permintaan Informasi

 

ke awal
Kembali ke Halaman Awal
 
 
Link Media Online di Bali Link Pemda di Bali Link Terkait