Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Manakar Tingkat Pelaksanaan SPIP dengan Penilaian Maturitas SPIP di Gianyar
03 Oktober 2017 16:21:06 / bali / dibaca: 84 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Bupati Gianyar, A.A. Gede Agung Bharata yang didampingi oleh Inspektur Kabupaten Gianyar Made Juanda, menerima Kunjungan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Bali, Sudiro beserta Koordinator Pengawasan Bidang APD Gede Eka Priyoga dengan beberapa staf di Ruang Bupati Gianyar, 29 September 2017 yang lalu.

Description: http://www.bpkp.go.id/public/upload/unit/bali/images/Mou-BKKB.gifDalam pertemuan tersebut, Bupati Gianyar sangat berterima kasih kepada BPKP, khususnya Perwakilan BPKP Provinsi Bali atas bantuan pengawasan yang diberikan baik berupa pembinaan maupun pendampingan hingga Opini WTP masih bisa dipertahankan oleh Pemda Gianyar.

Kepala Perwakilan dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa keberhasilan pembinaan SPIP yang dilakukan BPKP tergantung dari kerjasama dan komitmen Pemerintah Daerah dalam melaksanakan SPIP. Keberhasilan pelaksanaan SPIP tersebut otomatis akan mendorong terwujudnya SPIP yang baik pada suatu K/L atau Pemda serta meningkatnya hasil penilaian maturitas ke jenjang yang lebih tinggi.

Setelah pertemuan, acara dilanjutkan dengan Supervisi Peningkatan Level Maturitas SPIP di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Kabupaten Gianyar yang dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Gianyar.

Dalam Sambutan pembukaannya, A.A. Gede Agung Bharata, mengharapkan agar seluruh pejabat dilingkungan Kabupaten Gianyar dapat memperhatikan, mengerti dan memahami apa itu tingkat kematangan pelaksanaan SPIP, dapat diimplementasi dengan baik dalam tata kelola administrasi dan pemerintahan, sehingga dalam pelaksanaannya tidak mengalami kesulitan serta tidak sampai berhadapan dengan hukum.

Bupati Gianyar pada kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa Pengendalian Intern Pemerintah dapat tercapai apabila seluruh jajaran pimpinan pada penyelenggaraan kegiatan, pengendalian atas keseluruhan kegiatan, mulai dari perencanan, pelaksanaan pengawasan sampai dengan pertanggungjawaban secara tertib, terkendali, efektif dan efisien. "Untuk itu dibutuhkan sistem yang dapat memberi keyakinan memadai, bahwa peyelenggaraan dapat dilaksanakan dengan baik, keandalan laporan keuangan, pengamanan aset dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan" Ujar Bupati.,

Lebih jauh Bupati Gianyar mengatakan bahwa maturitas penyelenggaran SPIP merupakan media pengukuran tentang keberhasilan penyelenggaran SPI oleh pemerintah dalam mendukung peningkatan kinerja transparasi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, apalagi harapan Presiden tahun 2019, Maturitas SPIP Pemerintah Daerah harus berada pada level 3.

Kepala Perwakila BPKP Provinsi Bali, dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk memahami SPIP itu harus tahu apa itu SPIP. SPIP itu sendiri adalah suatu proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Dengan adanya SPIP tersebut diharapkan dapat tercipta kondisi dimana terdapat budaya pengawasan terhadap kegiatan sehingga dapat mendeteksi terjadinya sejak dini kemungkinan penyimpangan serta meminimalisir terjadinya tindakan yang dapat merugikan Negara. "Untuk memperoleh opini WTP itu rohnya adalah memahami dan melaksanakan SPIP. Di lingkungan BPKP sendiri dalam pelaksanaannya selalu menekankan akan pentingnya ber SPIP sehingga ada semboyan di BPKP bahwa apapun kegiatannya landasannya adalah SPIP", ujar Sudiro.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Perwakilan mengatakan bahwa dasar hukum penilaian penyelenggaraan maturitas SPIP adalah Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 dan berpedoman pada Peraturan Kepala BPKP Nomor 4 Tahun 2016. Penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP meliputi unsur-unsur Lingkungan Pengendalian, Penilaian Risiko, Kegiatan Pengendalian, Informasi dan Komunikasi, serta Pemantauan, yang dirinci menjadi 25 fokus penilaian maturitas.

Tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP merupakan kerangka kerja yang memuat karakteristik dasar yang menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP yang terstruktur dan berkelanjutan. "Tingkat maturitas ini dapat digunakan paling tidak sebagai instrumen evaluatif penyelenggaraan SPIP dan panduan generik untuk meningkatkan maturitas sistem pengendalian intern", lanjutnya

Pada akhir sambutannya Sudiro mengatakan bahwa sebaik apapun usaha Inspektorat dalam melakukan pengawasan kalau tidak ada komitmen ber-SPIP dari para pimpinan di lingkungan pemerintah daerah maka risiko kegagalan dalam pencapaian tujuan kemungkinan bisa terjadi. "Untuk itu penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah menjadi tanggung jawab bersama tidak hanya pada unit kerja terkecil tapi hingga kepada masing-masing individu", tegas Sudiro.

Acara dilanjutnya dengan paparan materi oleh Korwasbid APD Perwakilan BPKP Provinsi Bali, Gede Eka Priyoga kepada para peserta, yang diikuti dengan seksama, dan diselingi dengan beberapa pertanyaan dari peserta. (AS)



Share      

Berita Terkait:

29 September 2017 17:35:17 / bali / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Bali Tinjau Langsung Penerapan Aplikasi Siskeudes Di Desa-Desa se Kabupaten Buleleng
23 Pebruari 2017 15:50:15 / bali / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bersinergi dengan BPKP Bali, Pemkab Badung bertekad tingkatkan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
07 April 2016 08:23:26 / bali / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Studi Banding BPK Bali tentang Implementasi Perhitungan Kerugian Negara di BPKP Bali
29 September 2015 10:18:19 / bali / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Aparatur Desa se Kota Denpasar Pahami penggunaan dana desa dengan Bimtek
10 Januari 2015 13:59:47 / bali / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Perwakilan BPKP Bali Dorong Pemkab Badung Wujudkan Tata Kelola Keuangan yang Akuntabel


PROFILE
Kata pengantar
Visi Dan Misi dan Aturan Pemeriksa
Wilayah Pengawasan
SDM
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Tugas dan Fungsi
Sejarah Singkat
Peraturan
Pengumuman Lelang - Baru
Pengadaan Barang dan Jasa
Revisi Pengadaan Barang dan Jasa
Program dan Kegiatan Bali
Rencana
Capaian
Produk dan Layanan
Profile Bali di unggah Youtube Mau lihat tinggal Klik

 

Kolom Download
LAKIP 2016
 
LRA 2016
TAPKIN 2016
 
Renstra 2015
Laporan Triwulanan Pemantauan Kinerja 2016 : 1, 2, 3, 4
Laptri Pemantauan Kinerja 2017 : I, II
TAPKIN Eselon III dan IV

 

 

 

Foto Galeri
Galeri Foto

 

 
KONTAK KAMI
KANTOR PERWAKILAN BPKP
PROVINSI BALI

Jl. Kapten Tantular, Denpasar 80226
Telp. (0361) 246772
Fax. (0361) 246771

Email :bali@bpkp.go.id dan
Humas.Bali@bpkp.go.id
Saran dan Kritik
            Daftar Informasi
            Keluhan Layanan
            Permintaan Informasi

 

ke awal
Kembali ke Halaman Awal
 
 
Link Media Online di Bali Link Pemda di Bali Link Terkait