Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bali

BPKP Bali dan Pemkab Badung Komit Membangun Dari Desa
07 Maret 2016 11:42:26 / bali / dibaca: 3696 kali / Kat: MOU, Kerjasama

“Dengan disahkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dimana Desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata kelola pemerintahannya sendiri serta melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Desa”, demikian sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali Sudiro dalam acara Penandatangan Berita Acara Serah Terima Aplikasi Siskeudes antara Perwakilan BPKP Provinsi Bali dengan Pemerintah Kabupaten Badung di Puspem Badung (4/3).

Penandatangan BA dilakukan oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali yang dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Sekda Badung Kompyang R Swandika, Pimpinan SKPD, Korwas APD Perwakilan BPKP Provinsi Bali Gede Eka Priyoga serta para Perbekel dan BPD se-Kabupaten Badung. Setelah penandatangan Bupati Badung menyerahan secara simbolis Dana Desa yang bersumber dari ADD dan Penyisihan bagi hasil pajak daerah dan restribusi daerah, disaksikan oleh Kepala Perwakilan


Pada kesempatan tersebut Sudiro juga mengatakan bahwa besarnya dana yang harus dikelola jangan sampai menjadi bencana khususnya bagi Aparatur pemerintah Desa. Fenomena pejabat daerah yang tersangkut kasus hukum jangan sampai terjadi dalam skala Pemerintah Desa. Oleh karena itu Pemerintah Desa harus bisa menerapkan Prinsip Akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa, dimana semua di akhir kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan Desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai ketentuan sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa yang baik (Good Vilalage Governance).


Lebih jauh Kepala Perwakilan mengatakan bahwa untuk dapat menerapkan prinsip Akuntabilitas tersebut, diperlukan sumber daya dan sarana pendukung diantaranya SDM yang kompeten serta dukungan sarana teknologi informasi yang memadai dan dapat diandalkan. BPKP telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan transparansi dan akuntabiltas keuangan secara nasional, salah satu hasilnya dari upaya tersebut berupa produk Aplikasi Tata Kelola Keuangan Desa (Siskeudes). “Aplikasi Siskeudes ini telah mampu menatausahakan seluruh sumber dana secara komprehensif, melalui Aplikasi Siskeudes ini maka kesulitan akuntansi diatasi oleh program ini, sehingga desa memperoleh kemudahan dan kesederhanaan dalam proses pengelolaan keuangan desa”, jelas Sudiro.


Bupati Badung dalam sambutannya menekankan kebijakan strategis pemerintah pusat melalui nawacita, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, berkenaan dengan hal tersebut, Bupati terus mendorong segenap aparatur pemerintah di Kabupaten Badung untuk berinovasi dalam mengelola potensi yang ada guna dapat diorientasikan sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat Badung. “Melalui bantuan dana desa, ADD dan Penyisihan Pajak dan retribusi daerah yang diarahkan ke desa adalah wujud konkret komitmen Pemkab Badung membangun Badung dari pinggiran yakni dari Desa sehingga dapat menumbuhkan gerakan bangga desa” ungkap Giri Prasta.


Pada kesempatan itu Giri Prasta juga mengatakan dengan kebijakan Pemerintah mengalokasikan dana yang begitu besar kepada desa ini perlu hendaknya dikawal, baik secara internal yang meliputi masyarakat, BPD serta jajaran pengawas di Pemkab Badung juga perlu pengawasan eksternal dan hal ini Bupati Badung berharap kepada BPKP untuk dapat melakukan pengawalan, pembinaan, dan pendampingan sejak dini terhadap seluruh proses pengelolaan keuangan desa termasuk dukungan Sistem Siskeudes yang bisa memudahkan pemerintah desa dalam mengelola anggaran desa yang begitu besar.(AS)



Seketariat Humas Bali



Share      

Berita Terkait:

10 Maret 2017 11:18:58 / bali / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Perkuat Tata Kelola, BKKBN Bali laksanakan MOu dengan BPKP Bali
06 Nopember 2015 10:22:48 / bali / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP dan Pemprov Bali Tanda tangani MoU Piloting Capability Review
05 Agustus 2015 14:20:20 / bali / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
IPD dan UNUD Gandeng Perwakilan BPKP Bali Tuntaskan Permasalahan
14 April 2014 15:47:26 / bali / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP Bali dan Pemkab Klungkung melakukan Penandatangan MoU Kerjasama
07 Pebruari 2014 14:51:51 / bali / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Pencegahan Korupsi Lewat Udara


PROFILE
Kata pengantar
Visi Dan Misi dan Aturan Pemeriksa
Wilayah Pengawasan
SDM
Struktur Organisasi
Sarana Prasarana
Tugas dan Fungsi
Sejarah Singkat
Peraturan
Pengumuman Lelang - Baru
Pengadaan Barang dan Jasa
Revisi Pengadaan Barang dan Jasa
Program dan Kegiatan Bali
Rencana
Capaian
Produk dan Layanan
Profile Bali di unggah Youtube Mau lihat tinggal Klik

 

Kolom Download
LAKIP 2015
 
LRA 2015
TAPKIN 2015
 
Renstra 2015

 

Foto Galeri
Galeri Foto

 

 
KONTAK KAMI
KANTOR PERWAKILAN BPKP
PROVINSI BALI

Jl. Kapten Tantular, Denpasar 80226
Telp. (0361) 246772
Fax. (0361) 246771

Email :bali@bpkp.go.id dan
Humas.Bali@bpkp.go.id
Saran dan Kritik
            Daftar Informasi
            Keluhan Layanan
            Permintaan Informasi

 

ke awal
Kembali ke Halaman Awal
 
 
Link Media Online di Bali Link Pemda di Bali Link Terkait