Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Impounding Waduk Titab Mengawali Pemanfaatan Bagi Kesejahteraan Rakyat
15 Desember 2015 14:38:54 / bali / dibaca: 11299 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Presiden RI ke-5, Hj. Megawati Sukarno Putri didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Koperasi dan UKM, Kepala Balai Wilayah Sungai Bali-Penida, serta Bupati Buleleng menekan tombol sirene sebagai tanda pengisian awal (impounding) Waduk Titab. Pengisian awal ini menjadi awal pemanfaatan waduk yang akan berfungsi sebagai irigasi, sumber air baku, menambah cadangan energi listrik dan pengembangan pariwisata. Perwakilan BPKP Bali selaku aparat pengawasan dibawah presiden telah berperan dalam mengawal pembangunan Waduk Titab dengan melakukan reviu/audit untuk memastikan bahwa penambahan dana, penunjukan pengadaan barang/jasa, dan penyesuaian harga telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Waduk Titab yang berlokasi di Desa Titab – Ularan, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng merupakan waduk yang dibangun dengan memanfaatkan sumber air dari Tukad Saba. Waduk ini dibangunan dengan menggunakan dana APBN selama lima tahun anggaran yaitu 2011 – 2015. Dengan luas genangan yang mencapai 68,83 Ha, bendungan ini mampu menampung air sebanyak 12,8 juta M3. Dalam sambutannya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hardjomulyadi menyampaikan bahwa Waduk Titab adalah waduk kelima setelah Waduk Jatigede, Waduk Nipah, Waduk Bajul Mati, dan Waduk Senara di Aceh yang selama tahun 2015 dilakukan pengisian awal. Dengan dilakukan pengisian awal (impounding) hari ini (13 Desember 2015), diperkirakan pada akhir Maret 2015 akan terisi penuh dan dapat difungsikan secara optimal yaitu untuk mengairi daerah irigasi seluas 1.794,82 Ha, memenuhi kebutuhan air baku 350 liter/detik, menambah cadangan energi listrik 1,5 Mega Watt, serta pengembangan pariwisata.


Presiden RI ke-5, Hj. Megawati Sukarno Putri sebagai pemerhati dan pecinta lingkungan pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa salah satu yang menjadi program Nawacita Presiden Joko Widodo yang didasari oleh semangat Trisakti adalah kedaulatan pangan. Megawati menekankan bahwa kedaulatan pangan berbeda dengan ketahanan pangan, kita bangsa yang dikaruniai tanah yang subur harus berdaulat secara pangan yaitu pangan harus dapat dipenuhi secara baik dan cukup dengan tanaman yang tumbuh dan dihasilkan oleh Bumi Indonesia. Waduk ini yang salah satu manfaatnya adalah sebagai sumber air baku, maka pelestarian sumber dan kemurnian air waduk merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Lebih lanjut Megawati menyampaikan waduk ini jangan dikotori dengan limbah, maka disarankan kepada pengelola waduk agar jangan diperbolehkan membangun keramba di lokasi waduk, sebab pakan ikan akan berdampak pada kemurnian kualitas air.


Perwakilan BPKP Provinsi Bali sebagai lembaga pengawasan yang secara langsung dibawah presiden telah berperan mengawal program-program strategis presiden. Pembangunan Waduk Titab merupakan salah satu program strategis Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan kedaulatan pangan, dan dalam proses mengawal pembangunan Waduk Titab Kabupaten Buleleng, BPKP telah melakukan peran dan fungsinya dalam reviu perubahan komposisi pendanaan dan penambahan dana, reviu proses pengadaan barang dan jasa, serta audit penyesuaian harga. Penugasan-penugasan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa penambahan dana, penunjukan pengadaan barang/jasa, dan penyesuaian harga telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (ds)



Seketariat Humas Bali



Share      

Berita Terkait:

21 Mei 2018 14:02:31 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Seminar Pengelolaan Keuangan Desa dengan Siskeudes di UNUD
25 Pebruari 2016 14:27:53 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Pastika Minta BPKP Jadi Mitra Pemprov Bali dan Kawal Keuangan Pemda
12 Pebruari 2016 12:06:32 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pencanangan Penggunaan dan Pemanfaatan Energy melalui Bali Clean Energy Forum (BDEF)
16 Nopember 2015 16:01:21 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Sesma BPKP: Komunikasi Perlu Dikelola
06 Nopember 2015 13:09:57 / bali / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KPK Bersama BPKP Dorong Pencegahan Korupsi Melalui Korsupgah Korupsi


PROFILE
Kata pengantar
Visi Dan Misi
Wilayah Pengawasan
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tupoksi
PRODUK DAN LAYANAN
Simda
Siskeudes
Good Corporate Governance
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Informasi Setiap Saat
Informasi Serta Merta
Informasi Berkala
Permohonan Informasi
Profile Bali di unggah Youtube Mau lihat tinggal Klik

 

Foto Galeri
Galeri Foto

 

 
KONTAK KAMI
KANTOR PERWAKILAN BPKP
PROVINSI BALI

Jl. Kapten Tantular, Denpasar 80226
Telp. (0361) 246772
Fax. (0361) 246771

Email :bali@bpkp.go.id dan
Humas.Bali@bpkp.go.id
Saran dan Kritik
            Daftar Informasi
            Keluhan Layanan
            Permintaan Informasi

 

ke awal
Kembali ke Halaman Awal
 
 
Link Media Online di Bali Link Pemda di Bali Link Terkait