Perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung

Sosialisasi via aplikasi Zoom kepada Inspektorat Daerah Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
22 Juni 2020 11:17:56 / babel1 / dibaca: 111 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Pangkapinang, Selasa, (16/06) bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Bangka Belitung, mengadakan Sosialiasi/Diseminasi/Diskusi via aplikasi Zoom kepada Inspektorat Daerah Se- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan, Koordinator Pengawasan, Pejabat Struktural dan PFA dan Auditor Inspektorat 

Dalam kesempatan ini Kepala Perwakilan menyampaikan pentingnya untuk meningkatkan kapabilitas sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah baik BPKP maupun Inspektorat. Kepala Perwakilan juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dirasa sangat penting dan strategis, dari sisi BPKP kegiatan ini ada dalam Program Kerja Pengawasan dan Pembinaan Tahunan (PKP2T) dan dapat meningkatkan wawasan Auditor BPKP, meningkatkan kompetensi dan pengetahuan Auditor Inspektorat.

Dalam paparannya Plt. Inspektur Bangka Selatan menyampaikan bahwa Pelaksanaan PBJ di Bangka Selatan merangkul teman-teman dari Kejaksaan dan Kepolisian. Mereka masuk dalam SK Gugus Tugas, Kapolres sebagai Wakil Ketua Tim Gugus Tugas dan di dalam Sub Divisi yang menangani pengawasan dan akuntabilitas ada Kejaksaan, Kepolisian, dan Inspektorat. Atas dasar itu, mereka bersama-sama mengawal proses PBJ Covid pada semua OPD yang menggunakan anggaran realokasi dan refocusingdi Bangka Selatan yang dipergunakan untuk PBJ. 

Proses PBJ yang dilakukan di Bangka Selatan sama seperti yang dilakukan di tempat lain, yaitu pengadaan langsung, namun dalam pelaksanaannya diikuti dengan proses seleksi calon penyedia. Proses seleksi calon penyedia yaitu dengan mencari informasi-informasi yang ter-update, seperti apakah kondisi penyedianya terkena blacklist di tempat lain ataukah ada masalah lainnya.

Pada sesi tanya jawab ada pertanyaan dari Saudara Musi dari Inspektorat Bangka yaitu Pada saat refocusing anggaran, OPD telah menyusun Rincian Kebutuhan Barang (RKB). Pada saat pelaksanaan PBJ, RKB tidak sesuai. Bagaimana tim reviu PBJ menyikapi hal tersebut.

Pada saat penganggaran dilakukan refocusing dan realokasi anggaran, awalnya memang semua mungkin masih meraba-raba. Penganggaran Covid di perencanaan serba mendadak karena harus segera dilaksanakan dan disampaikan ke Menkeu, sehingga masih dapat dimaklumi apabila ada perbedaan. Tetapi pada akhirnya akan ditetapkan di APBD perubahan. Pada dasarnya untuk penganggaran kegiatan Covid ini berangkat dari Identifikasi Kebutuhan dan apabila mekanisme menggunakan BTT harus ada RKB. Perlu dicermati oleh inspektorat, pada saat realisasinya berbeda dengan rencana kebutuhan dapat dicatat seperti apa dan kenapa berbeda, capture data pelaksanaannya dan dituangkan dalam laporan hasil reviu jawab Saudara Agus Prasetyo Budi dari BPKP.

Melakukan refocussing kegiatan maupun realokasi untuk menjamin kemudahan pelaksanaan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan wabah COVID-19 di daerah sebagaimana amanat Inpres Nomor 4 Tahun 2O2O tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2O19 (COVID-19).

(Kominfo Babel/ G)



Share      

Berita Terkait:

27 April 2020 18:39:45 / babel1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Workshop usulan Draft Pedoman BIMTEK Tata Kelola SPI BLUD di wilayah Prov. Kep. Bangka Belitung
28 Januari 2020 09:11:38 / babel1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Forum Investigasi dalam menghadapi Tantangan dan Kebutuhan BPKP
10 Juli 2019 09:45:31 / babel1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Sosialisasi Dalam Rangka Peningkatan Pengelolaan Keuangan Daerah
28 Maret 2019 14:24:56 / babel1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja PDAM Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018
21 Maret 2019 09:13:19 / babel1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Kepala Perwakilan BPKP Kepulauan Bangka Belitung Menjadi Narsum dalam Acara Rapat Pimpinan


Kantor Perwakilan BPKP
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Jalan Pulau Bangka
Komplek Perkantoran Gubernur, Air Itam,
Pangkalpinang 33149
Telepon: (0717) 432817
Faksimile: (0717) 431006
Email: bangka.belitung@bpkp.go.id