Perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung

LKPD Kabupaten Belitung Timur Pertama Kalinya Memperoleh Opini WTP dari BPK
22 Mei 2020 15:03:04 / babel1 / dibaca: 184 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Rabu (20/05/2020) –bertempat di Audiorium Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilangsungkan acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Tahun Anggaran 2019 kepada lima Pemerintah Daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara ini dihadiri oleh Kepala Daerah dan Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, dan Kota Pangkalpinang, sedangkan Kabupaten Belitung dan Belitung melalui daring atau video conference, hadir dalam acara ini Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ikhwan Mulyawan.

Pada LKPD TA 2019, tiga pemda berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yaituKota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, danBangka Tengah. Kabupaten Belitung Timur pada tahun ini berhasil meraih opini WTP setelah menindaklanjuti permasalahan tahun-tahun sebelumnya terkait Aset Tetap. Sedangkan Kabupaten Belitung masih tetap diberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) karena tersisa satu permasalahan signifikan terkait Aset Tetap.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ida Farida dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan kepada Pemda yang mampu mempertahankan opini WTP, juga apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Belitung Timur atas kerja keras dan upayanya untuk menindaklanjuti permasalahan tahun-tahun sebelumnya, yaitu terkait Aset Tetap akhirnya berhasil meningkatkan opini menjadi WTP untuk LKPD TA 2019.

Ida Farida juga menyampaikan pandangannya bahwa Pemda memerlukan pendampingan yang intens dari pihak-pihak yang berkompeten dalam pengelolaan keuangan daerah seperti BPKP agar kualitas dan trasparansi penyelenggaraan keuangan daerah semakin berkualitas dan bermanfaat bagi kemakmuran masyarakat Bangka Belitung

Pendampingan oleh BPKP dilakukan secara intensif melalui asistensi implementasi aplikasi SIMDA Keuangan, dan SIMDA Barang Milik Daerah, terutama dalam penatausahan, pelaporan keuangan sehingga penyajian laporan keuangan dapat dilakukan secara wajar sesuai standar akuntansi maupun kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan.



Share      

Berita Terkait:

02 Juli 2018 15:53:13 / babel1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Peningkatan Kapabillitas APIP se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
09 Desember 2016 08:46:27 / babel1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP BABEL MOTORI DPW AAIPI BABEL MENGIMPLEMENTASIKAN PEER REVIEW ANTAR-APIP DI BABEL


Kantor Perwakilan BPKP
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Jalan Pulau Bangka
Komplek Perkantoran Gubernur, Air Itam,
Pangkalpinang 33149
Telepon: (0717) 432817
Faksimile: (0717) 431006
Email: bangka.belitung@bpkp.go.id