Workshop usulan Draft Pedoman BIMTEK Tata Kelola SPI BLUD di wilayah Prov. Kep. Bangka Belitung

Kegiatan ini dihadiri dan sekaligus menjadi narasumber oleh Inspektur Kepulauan Provinsi Bangka Belitung, Susanto, Direktur UPTD RSUD Depati Hamzah, dr. Muhamad Fauzan dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta para peserta yang ikut serta langsung di Aula Kantor maupun melalui Aplikasi Online  Zoom dilingkungan  Perwakilan BPKP Bangka Belitung.

Acara dimulai dari Kepala Perwakilan memberi sambutan sekaligus membuka Workshop  usulan Draft Pedoman BIMTEK Tata Kelola SPI RSUD BLUD di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dandi moderatori oleh Koordinator  Pengawas  Bidang  Akuntan Negara, R. Hanung Habsoro.Dalam sambutannya Ikhwan Mulyawan mengatakan bahwa BPKP dituntut untuk memberikan Bimtek kepada RSUD khususnya terkait tata Kelola Satuan Pengawas Internal (SPI). Namun pedoman terkait Bimtek tersebut belum ada. Melalui workshop ini, perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitungmencoba memberikan usulan kepada rendal berupa Usulan Draf Pedoman Bimbingan Teknis Tata Kelola SPI RSUD BLUD.

Dalam Paparannya dr. Muhamad Fauzan terkait SPI RSUD yang tidak boleh rangka jabatan perlu di kaji lagi karena fakta dilapangan susah untuk tidak merangkap jabatan, Fokus Direktur UPTD RSUD Depati Hamzah saat ini adalah meningkatkan mutu pelayanan, Prespektif mengenai fleksibilitas BLUD bagi masing-masing orang berbeda, sehingga diperlukan persamaan persepsi terkait fleksibilitas yang dimiliki BLUD, dan Dengan adanya bimtek terkait tata Kelola SPI yang nanti akan dilakukan BPKP, diharapan mampu meningkatkan kemitraan RSUD Depati Hamzah dengan BPKP, SPI bisa dijalankan dengan personil yang kompeten, serta SPI berperan dalam meningkatkan kualitas mutu pelayanan.Dalam Paparannya Susanto mengungkapkan bahwa Sinergitas antara SPI dengan Inspektorat masih belum terjalin dengan baik. Hal ini dikarenakan fungsi SPI belum berjalan sebagai mana mestinya.

Dalam Kegiatan Workshop ini Perwakilan BPKP Bangka Belitung juga tetap menerapkan Protokol Kesehatan dalam Penanganan Covid-19 yaitu dengan Mencuci tangan sebelum memasuki aula kantor BPKP Bangka Belitung, Pengecekan suhu badan sebelum masuk ke Aula Kantor BPKP Bangka Belitung, Jaga jarak dari setiap peserta yang hadir di Aula Kantor, dan Seluruh pegawai dan narasumber yang hadir menggunakan masker.