Perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung

Workshop SIMDA Perencanaan dan Penandatanganan MoU antara BPKP dengan Kabupaten Belitung
28 Juli 2017 16:12:26 / babel1 / dibaca: 302 kali / Kat: MOU, Kerjasama

 

Workshop ini bertujuan memberikan transfer knowledge kepada aparatur sipil negara yang membidangi perencanaan pembangunan daerah, khususnya penggunaan sistem informasi untuk melakukan perencanaan.

 

 

Belitung – (26/07) Pemerintah Kabupaten Belitung menyelenggarakan Workshop SIMDA Perencanaanpada Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Grand Hatika Hotel Belitung mulai tanggal 26 Juli2017 sampai dengan 28 Juli2017, diikuti oleh peserta dari unsur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Inspektorat dan Badan Pengelola Keuangan Daerah yang berasal dari seluruh pemerintah daerah di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah PKD Gatot Darmasto, Bupati Belitung Sahani Saleh, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Raden Suhartono. Pada kegiatan ini, juga dilakukan pembaruan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) Pengembangan Manajemen Pemerintah Kabupaten Belitung yang ditandatangani oleh Bupati Belitung dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam pembukaan acara oleh Bupati Belitung, Sahani Saleh mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi daerah dalam hal perencanaan, antara lain sulitnya sinkronisasi kebijakan pusat dengan kebijakan daerah. Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah berkesempatan untuk memberikan sambutan. Beliau berpesan kepada insan perencanaan agar benar-benar melakukan perencanaan pembangunan daerah dengan baik serta berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya juga menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi untuk menghasilkan informasi secara cepat, tepat, akurat, dan akuntabel.

Kegiatan workshop ini bertujuan memberikan transfer knowledge kepada aparatur sipil negara yang membidangi perencanaan pembangunan daerah, khususnya penggunaan sistem informasi untuk melakukan perencanaan. SIMDA Perencanaan dirancang untuk membantu Pemerintah Daerah menerapkan sistem perencanaan pembangunan daerah yang transparan dan obyektif agar terwujud tata kelola pemerintahan yang baik.

Sesi pertama pemaparan materi dibawakan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Gatot Darmasto menekankan perlunya perbaikan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, melalui penguatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan peningkatan peran Aparatur Pengawas Intern Pemerintah. Lebih lanjut Gatot Darmasto juga menyoroti tentang kelemahan-kelemahan dalam pengelolaan keuangan daerah dan modus korupsi terkini, yaitu korupsi banyak dilakukan sejak tahap perencanaan, diantaranya yaitu kasus korupsi e-KTP.

Pada sesi berikutnya, dilakukan pemaparan materi oleh Satgas SIMDA Pusat mengenai proses bisnis perencanaan pembangunan daerah, kemudian dilanjutkan pelatihan operator untuk mengimplementasikan proses bisnis tersebut ke dalam SIMDA Perencanaan. 

 

(hb)



Share      

Berita Terkait:

21 Juli 2017 16:54:40 / babel1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Beri Kuliah Umum Bagi Mahasiswa dan Dosen UBB
09 Pebruari 2017 17:33:58 / babel1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
PT Timah (Persero) Tbk. Gandeng BPKP, Terapkan GCG
02 Pebruari 2017 11:34:39 / babel1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
GUBERNUR BABEL WAJIBKAN SKPD DI-PROBITY AUDIT OLEH BPKP
07 Oktober 2016 15:24:11 / babel1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
SILATURAHMI KEPALA PERWAKILAN BPKP PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG KE PT TIMAH (PERSERO) TBK.
09 September 2016 14:29:47 / babel1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
FGD PEMBINAAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH MENUJU OPINI WTP DENGAN KANWIL DITJEN PERBENDAHARAAN


Kantor Perwakilan BPKP
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Jalan Pulau Bangka
Komplek Perkantoran Gubernur, Air Itam,
Pangkalpinang 33149
Telepon: (0717) 432817
Faksimile: (0717) 431006
Email: bangka.belitung@bpkp.go.id


LKj 2016 Perkin 2016 Renja 2016
LK 2016 LKj 2015 Perkin 2015
Renja 2015 Renstra 2015-2019 LAKIP 2014