Perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung

BPKP BABEL MOTORI DPW AAIPI BABEL MENGIMPLEMENTASIKAN PEER REVIEW ANTAR-APIP DI BABEL
09 Desember 2016 08:46:27 / babel1 / dibaca: 242 kali / Kat: Kapabilitas APIP

 

Bertempat di Manggar (Kabupaten Belitung Timur), Kamis (8 Desember 2016), telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rakorwasda dihadiri langsung oleh Inspektur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Haryoso) dan seluruh Inspektur Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hadir mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara (Korwas Bidang AN), Welly Brordus MRH.  Dalam kesempatan tersebut disampaikan oleh Korwas Bidang AN terkait penguatan Three Lines Defense (peran Manajemen dalam menjalankan SPIP, kontrol Keuangan di DPPKAD, dan peran pengawasan oleh APIP), kondisi 2016 dan target 2017 Maturitas SPIP pada Pemprov/Pemkab/Pemkot se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta kondisi 2016 dan target 2017 Kapabilitas APIP pada Pemprov/Pemkab/Pemkot se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

 

Dalam Rakorwasda tersebut disampaikan bahwa APIP harus mampu merancang kegiatan pengawasannya dari Tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, sampai Pertanggungjawaban. Kegiatan pengawasan penyelenggaraan pada Pemerintah Daerah dapat difokuskan pada tiga hal, yaitu (1) APIP menjadi clearance dalam menentukan apakah pengaduan masyarakat berindikasi administrasi atau pidana, (2) APIP mencegah terjadinya pungutan liar di instansi masing-masing (3) APIP sebagai early warning system. Selain itu, untuk mendukung target RPJMN Tahun 2015-2019 Kapabilitas 85% APIP Pemda Level-3, untuk peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas APIP di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat dilakukan melalui Bimbingan Teknis dan Diklat secara berkelanjutan.

Terkait Pengawasan Pengelolaan Dana Desa, telah disusun Pedoman yang akan diterbitkan melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri, yaitu pengawasan pengelolaan Dana Desa pada Pemerintah Kab/Kota oleh APIP Provinsi, meliputi Pra Penyaluran, Penyaluran dan Pasca Penyaluran serta pengawasan pengelolaan Dana Desa pada Pemerintah Desa oleh APIP Kabupaten/Kota, meliputi Pra Pencairan dan Penggunaan, Pencairan dan Penggunaan, Pasca Pencairan dan Penggunaan.

Terkait dengan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Pemerintah Daerah (Aksi PPK Pemda), Pemerintah Daerah melakukan prosedural pelaporan secara rutin tiap 3 (tiga) bulan terkait dengan capaian Aksi PPK Pemda, dengan fokus berfokus pada (1) Pelimpahan seluruh kewenangan penerbitan izin dan nonizin di daerah serta pengintegrasian layanan perizinan di PTSP, (2) Pembentukan dan penguatan tugas pokok dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama dan pembantu, (3) Transparansi dan akuntabilitas dalam mekanisme pengadaan barang dan jasa (PBJ), serta (4) Transparansi dan akuntabilitas penyaluran serta penggunaan dana hibah dan bantuan sosial (Hibah Bansos). Disampaikan juga terkait verifikasi terhadap pelaporan capaian keberhasilan Aksi PPK Pemda Tahun 2016 dan Tahun 2017 untuk dilakukan secara berjenjang, yaitu Inspektorat Provinsi melakukan verifikasi pelaporan capaian keberhasilan Aksi PPK Pemerintah Kabupaten/Kota.

Selain untuk berkoordinasi terkait dengan Pengawasan, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Rapat Kerja Dewan Perwakilan Wilayah Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (DPW AAIPI) Kepulauan Bangka Belitung. Dalam rapat kerja tersebut dibahas mengenai pengimplementasian peer review (telaah sejawat) antar-APIP di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dimotori oleh Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pengimplementasian peer review diharapkan dapat mengacu pada Pedoman Telaah Sejawat AAIPI dan dapat mendukung target Kapabilitas APIP pada Pemprov/Pemkab/Pemkot se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

(Humas Babel/drs/drs-kdp)



Share      

Berita Terkait:



Kantor Perwakilan BPKP
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Jalan Pulau Bangka
Komplek Perkantoran Gubernur, Air Itam,
Pangkalpinang 33149
Telepon: (0717) 432817
Faksimile: (0717) 431006
Email: bangka.belitung@bpkp.go.id


LKj 2016 Perkin 2016 Renja 2016
LK 2016 LKj 2015 Perkin 2015
Renja 2015 Renstra 2015-2019 LAKIP 2014